5 Cara Mengubah Format Foto ke JPG Online / Offline Di HP Dan Laptop

Butonrayanews.co.id – Saat ini, mungkin masih tak semua smartphone dapat menghasilkan foto dengan format JPG. Melainkan masih dalam format RAW dan HEIF. Maka dari itu, tak heran jika cukup banyak orang yang ingin tahu cara mengubah format foto ke JPG.

Foto dengan format JPG, tentu saja memungkinkan setiap orang dapat membukanya. Selain itu, sejumlah media sosial juga mewajibkan untuk hanya membagikan foto dengan format JPG saja.

Hal ini tentu tidak bikin heran jika pengguna smartphone yang hasil fotonya punya format selain JPG, ingin mengubahnya jadi JPG. Tak hanya untuk dua alasan itu saja. Masih ada sejumlah alasan lainnya.

Misalnya saja, ukuran file dari foto yang format JPG, itu lebih ringan dibandingkan dengan foto yang punya format lain. Maka dari itu, sangat penting mengetahui cara mengubah foto ke JPG.

Bagi kamu yang cukup penasaran dengan bagaimana cara mengubah foto dari format lain ke format JPG, ada baiknya untuk menyimak artikel ini dari awal hingga akhir dengan cermat.

Di sini, kamu bisa mengetahui secara lengkap mengapa banyak orang ingin menggunakan format JPG dan mengapa berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mengubah format foto.

Penjelasan tentang JPG

Penjelasan tentang JPG

JPG dan JPEG atau Joint Photographics Expert Group, merupakan salah satu format gambar yang dikembangkan tahun 1986. Pada tahun 1992, versi ISO Standar format JPEG dirilis dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

Baca Juga :   SnapTik App : Cara Unduh Video Dan Lagu MP3 Tiktok Tanpa Watermark

Ketika awal kemunculannya, format JPEG hanya dapat dibaca oleh perangkat Macintosh saja. Komputer yang menggunakan Operation System Windows, masih belum bisa membaca format JPEG.

Hal itu terjadi karena OS Windows hanya mampu membuka file dengan format ataupun ekstensi yang berjumlah tiga huruf saja. Maka dari itu, dari yang awalnya JPEG, digantilah menjadi JPG agar dapat dibaca oleh OS Windows.

Namun saat ini, perangkat Macintosh dan juga Windows, sudah sama-sama dapat membaca kedua jenis file tersebut: JPEG dan JPG.

Bagaimana Cara Mengubah Foto ke JPG?

Sebenarnya, ada dua kategori cara mengubah foto ke JPG. Kategori pertama, yakni menggunakan aplikasi dan kategori yang kedua, yakni tanpa aplikasi namun menggunakan website atau situs generator mengubah foto ke JPG.

Kedua cara ini, memang sama-sama efektif untuk digunakan. Bagi kamu yang sudah membaca artikel ini, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mendapatkan kedua cara tersebut. Nantinya, kamu bebas mau pakai cara atau metode yang mana.

Cara Mengubah Foto ke JPG dengan Aplikasi

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi di smartphone di android dan software di komputer. Silakan langsung saja simak sejumlah cara mengubah foto ke JPG pada bagian pertama ini.

1. Rename Foto Jadi JPG

Sebenarnya, ada cara yang sangat mudah untuk digunakan. Cara ini juga bisa digunakan pada perangkat komputer dan juga smartphone. Kamu hanya perlu rename foto saja menjadi JPG.

Mungkin, cara ini masih belum banyak yang mengetahui. Sebelum kamu mencoba aplikasi, baiknya coba dulu cara paling mudah ini. Dengan rename saja, biasanya format yang digunakan juga tidak akan kelihatan dan hanya namanya saja yang tampak.

Nah jika kamu penasaran dengan caranya, baiknya langsung simak sejumlah langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka Explorer di komputer ataupun laptop.
  2. Setelah itu, klik File pada bagian kiri atas.
  3. Klik Properties.
  4. Selanjutnya, buka tab View.
  5. Kemudian, hilangkan ceklis pada Hide Extentions for Known File Types.
  6. Nantinya, seluruh file yang ada pada perangkat yang kamu gunakan, formatnya akan otomatis tercatat.
  7. Silakan cari foto yang ingin diubah formatnya. Kemudian, ubahlah format pada bagian belakang nama. Misalnya saja, dari .png jadi .jpg.
Baca Juga :   4 Cara Mengubah JPG ke PDF Online Di HP Atau Laptop Dengan Mudah

Salah satu keunggulan cara mengubah foto ke JPG satu ini, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi ataupun software tambahan apapun. Namun tentu, cara ini juga punya kekurangan. Salah satunya adalah ukuran dari file dan kualitasnya yang kurang.

2. Menggunakan Software Paint

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan, tentu saja menggunakan bantuan software. Software yang memang dapat digunakan untuk mengubah foto ke JPG adalah Paint. Mungkin setiap orang yang menggunakan Windows, sudah tahu dengan program ini.

Paint, merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk menggambar, membuat bentuk, dan memotong gambar. Salah satu fungsi lainnya, yakni dapat digunakan untuk mengubah file ke format JPG. Bagi yang penasaran caranya, begini:

  1. Pertama, silakan cari foto yang formatnya ingin diubah.
  2. Kamu juga dapat mencarinya lewat File Explorer.
  3. Jika sudah ditemukan, klik kanan pada foto.
  4. Setelah itu, pilih opsi Open With.
  5. Di sana, ada sejumlah pilihan.
  6. Kamu bisa langsung pilih Paint.
  7. Kalau aplikasi Paint sudah terbuka, klik file pada bagian kiri atas.
  8. Klik Save As.
  9. Pilih format JPG.
  10. Beri Nama Foto.
  11. Selesai.

3. Menggunakan Adobe Photoshop

Salah satu cara mengubah foto ke JPG yang dapat kamu gunakan adalah menggunakan Adobe Photoshop. Sepertinya, sudah banyak yang akrab dengan software satu ini. Kalau caranya, begini:

  1. Pertama, silakan buka Adobe Photoshop di komputer atau laptop.
  2. Setelah itu, klik File.
  3. Pilih Open.
  4. Pilih foto yang ingin dikonversi jadi JPG.
  5. Setelah foto yang kamu pilih terbuka, pilih Save As.
  6. Di kolom format, pilih JPG.
  7. Atur kualitas sesuai keinginan.
  8. Simpan dan Selesai.

Cara Mengubah Foto ke JPG Secara Online

Kamu juga bisa menggunakan cara mengubah foto ke JPG secara online. Cara ini, sama sekali tidak membutuhkan aplikasi apa-apa. Namun lebih baik dibandingkan cara rename yang diberikan pertama tadi.

Baca Juga :   4 Cara Transfer Kuota Telkomsel Lebih Dari 1 GB Gratis Tanpa Pulsa

Silakan simak sejumlah ulasan berikut jika ingin tahu caranya:

1. Cara Mengubah Foto ke JPG Menggunakan Simple Image Resizer

Cara pertama yakni dengan menggunakan Simple Image Resizer. Adapun langkah-langkah yang harus kamu gunakan yakni:

  1. Pertama, buka website simpleimageresizer.com
  2. Setelah itu, klik Select Image.
  3. Pilih foto yang formatnya ingin diubah ke JPG.
  4. Di kolom Select New Format, silakan pilih JPG.
  5. Klik tombol Convert Image.
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Kamu bisa langsung menyimpan gambar yang baru saja selesai.

2. Menggunakan Online-Convert.com

Cara kedua yang bisa dilakukan, yakni tetap dengan menggunakan situs ataupun website generator yang memang dapat mengubah format foto apapun menjadi JPG. Salah satu website yang bisa digunakan,yakni online-convert.com.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan cara mengubah foto ke JPG dengan online-convert.com, langsung simak sejumlah langkah berikut ini:

  1. Buka online-convert.com
  2. Di sana, ada banyak opsi converter yang dapat kamu pilih.
  3. Silakan pilih opsi Image Converter.
  4. Setelah itu, pilih menu Convert to JPG.
  5. Klik Choose File untuk mengunggah foto yang formatnya ingin diubah.
  6. Jika selesai, pilih Start untuk memulai proses konversi.
  7. Selesai.

Penutup

Sejumlah cara mengubah foto ke JPG di atas, memang sama-sama efektif digunakan. Tergantung kamu mau menggunakan cara yang mana. Setiap cara, tentu saja punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

error: Content is protected !!