4 Cara Mengubah JPG ke PDF Online Di HP Atau Laptop Dengan Mudah

Butonrayanews.co.id – Kini banyak sekali dokumen yang berbentuk JPG. Kemudian dokumen tersebut haruslah diganti dengan PDF, dan kamu tidak tahu caranya. Maka dari itu, kamu simak saja cara mengubah JPG ke PDF di bawah ini.

Seperti diketahui, selama ini sangat banyak sekali jenis file atau dokumen. Misalnya adalah seperti word, png, pdf, jpg, dan masih banyak lagi. Bahkan dengan berkembangnya zaman dan teknologi, membuat kebutuhan file juga semakin banyak.

Kemudian biasanya, dalam mengurus dokumen atau administrasi secara online, kamu diharuskan untuk mengupload dokumen dengan format tertentu. Salah satu contohnya adalah saat kamu akan mengisi formulir, dan syarat dokumen berformat PDF.

Sebenarnya kamu sudah punya formulir tersebut, namun formatnya JPG dan kamu harus merubahnya ke PDF. Supaya dokumen bisa sampai ke syarat administrasi. Lalu agar bisa mengatasi hal seperti ini, maka dari itu simak saja penjelasan lebih detail di bawah ini.

Mengenai Convert JPG to PDF

Mengenai Convert JPG to PDF

Sedangkan dengan PDF sendiri merupakan sebuah singkatan dari Portable Document Format. Artinya, sebuah format yang berbasis teks dan digunakan di banyak electronik book. Bahkan selama ini sudah banyak sekali format file yang bisa dijadikan dalam bentuk PDF, misalnya adalah JPG.

Saat kamu merubah format dari JPG ke PDF, tujuannya adalah agar lebih rapi dan mudah terbaca. Selain itu, format ini juga sangat memudahkan pekerjaan.

Sebab biasanya, file yang diminta selama ini adalah format PDF. Kemudian dengan cara Mengubah JPG ke PDF terbilang mudah. Sehingga, kamu tak perlu bingung dalam merubah file ke PDF.

Baca Juga :   5 Cara Mengubah Format Foto ke JPG Online / Offline Di HP Dan Laptop

Kamu bisa mengubah format tersebut melalui sejumlah cara, bisa menggunakan HP atau laptop. Bahkan kamu juga bisa mengubahnya secara online atau offline, dan menggunakan atau tanpa aplikasi. Menariknya lagi, kamu bisa merubah format tersebut secara gratis.

Cara Mengubah File JPG ke PDF

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa merubah JPG ke PDF sangat mudah sekali. Kamu bisa menggunakan hp atau laptop secara offline atau online. Sehingga, kamu bisa merubah file tersebut kapan saja dan di mana saja. Mudah sekali bukan ?

Nah kemudian, cara Mengubah JPG ke PDF yang dimaksud tersebut seperti apa saja sih? Maka dari itu, simak tutorial selengkapnya di bawah ini :

1. SmallPDF

  1. Pertama, kamu buka browser sesuai dengan keinginanmu,
  2. Kemudian kamu buka halaman https://smallpdf.com/jpg-to-pdf.
  3. Lalu kamu unggah file yang ingin diubah dengan cara klik tombol ‘pilih file’,
  4. Kamu bisa memilih file dari perangkat,
  5. Setelah mengunggah file, kamu bisa juga pilih opsi menambahkan file klik ‘tambahkan file’,
  6. Kemudian kamu klik tombol ‘mengubah’,
  7. Tunggu beberapa saat, maka hasil PDF akan muncul,
  8. Jika masih dirasa masih besar, kamu bisa mengompresnya,
  9. Terakhir, kamu klik download, maka file yang diunduh akan ada di folder download,
  10. Selesai.

2. Ilovepdf

  1. Pertama, kamu buka browser kesukaanmu,
  2. Kemudian kamu buka halaman www.ilovepdf.com
  3. Di halaman tersebut banyak sekali opsi, kamu pilih JPG to PDF,
  4. Setelah kamu klik, kemudian kamu klik ‘Select JPG images’ untuk memilih file yang ingin diubah,
  5. Lalu ketika kamu ingin menambah file foto yang ingin kamu ubah, kamu bisa klik ikon +. Selain itu, kamu bisa mengubah orientasi yang diinginkan, seperti portrait atau landscape. Termasuk dengan bisa mengubah ukuran kertas PDF atau margin untuk foto dengan klik pilihan-pilihan yang tersedia,
  6. Jika dirasa sudah selesai, kamu bisa klik pilihan ‘convert to pdf’,
  7. Kamu bisa download langsung hasilnya, dan dokumen PDF tersebut akan berada di folder download,
  8. Kamu bisa menyimpan file ke google drive, dropbox atau membagikan file dengan link dan QR code,
  9. Selesai.
Baca Juga :   3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Secara Online Dengan Mudah Tanpa Ribet

3. Foxit Reader

Cara ketiga dalam merubah JPG ke PDF menggunakan Foxit Reader merupakan cara yang paling banyak digunakan. Sebab, cara ini memang digunakan bagi kamu yang terkendala dengan internet. Atau bahasa kasarnya, kamu bisa rubah secara offline.

Namun sebelum kamu mengonversinya, maka kamu harus install terlebih dahulu aplikasi Foxit Reader. Sebab, aplikasi ini memang sangat cocok dalam merubah file apa saja. Termasuk dengan mengubah file JPG ke PDF, seperti apa caranya, berikut adalah tutorialnya :

  1. Pertama, kamu install terlebih dahulu aplikasi Foxit Reader,
  2. Kemudian setelah itu, kamu buka gambar atau foto yang berformat JPG yang akan diubah ke PDF,
  3. Lalu kamu simpan gambar atau format JPG tersebut dengan format PDF,
  4. Selesai.

Sangat mudah dan simpel sekali bukan Cara Mengubah JPG ke PDF menggunakan aplikasi Foxit Reader ? dengan aplikasi ini, maka kamu bisa merubah file apapun menjadi PDF.

Selain itu, aplikasi ini memang menawarkan banyak keunggulan dan kemudahan. Kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya bisa memproses satu file saja. Sehingga, beberapa gambar tidak bsia dijadikan dalam satu file.

Namun ketika kamu hanya ingin merubah gambar KK menjadi format PDF, kamu bisa manfaatkan aplikasi ini. Sehingga kamu dengan mudah memprosesnya kapan pun dan dimanapun.

4. Nitro Reader

Sama halnya dengan cara ketiga, cara terakhir ini menggunakan aplikasi. Selain Foxit Reader, kamu bisa menggunakan Nitro Reader untuk mengubah file JPG menjadi PDF.

Sebab kedua aplikasi yang berbasis offline ini ternyata sama-sama memiliki fungsi yang tak jauh berbeda. Berikut ini adalah tutorial merubah file JPG ke PDF :

  1. Pertama, kamu download terlebih dahulu aplikasi Nitro Reader,
  2. Kemudian install aplikasinya,
  3. Setelah itu masuk ke dalam aplikasi, dan pilih file JPG yang ingin dirubah menjadi PDF,
  4. Lalu kamu klik kanan dan pilih print,
  5. Selanjutnya pada menu cetak, kamu pilih printer jadi Nitro PDF Creator,
  6. Kemudian klik save,
  7. Selesai.
Baca Juga :   SnapTik App : Cara Unduh Video Dan Lagu MP3 Tiktok Tanpa Watermark

Dari Foxit Reader dan Nitro Reader, keduannya sama-sama memiliki keunggulan. Namun pada Nitro Reader, kamu bisa menggabungkan 2 file atau lebih. Bahkan pada ukuran layout juga bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhan. Mudah sekali bukan?

Penutup

Kurang lebih seperti itu mengenai Cara Mengubah JPG ke PDF. Kamu bisa menggunakan semua cara di atas, sebab sudah pasti semua caranya bisa digunakan. Pastinya dengan mudah, simpel, anti  ribet, dan pastinya gratis.

Sehingga kamu bisa kapan saja dan di mana saja melakukan convert PDF. Maka dari itu, tunggu apalagi, segera gunakan beberapa cara di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!