Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat HP, PC/Laptop

Butonrayanews.co.id – Google drive adalah layanan penyimpanan file online yang terhubung langsung dengan akun Gmail. layanan ini memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah dapat diakses menggunakan berbagai perangkat secara online baik itu PC atau HP. Pertanyaannya, apakah kalian tahu cara menyimpan file di google drive?

Bagi yang belum mengetahui cara menyimpan file ke dalam Google drive, kalian harus kalian harus simak baik – baik pembahasan yang akan kami sampaikan kali ini. Sebab, percuma kalian memiliki akun google drive tapi tidak mengetahui bagaimana cara unggah file di google Drive. Maka dari itu agar dapat memanfaatkan layanan ini kalian harus mengetahui cara menggunakannya.

Google drive memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai jenis file seperti Foto, audio, video dan Dokumen. Dengan demikian, maka kalian dapat memindahkan berbagai file yang ada pada memori PC atau Hp. Sehingga dapat meningkatkan ruang kosong pada perangkat tersebut.

Namun sayangnya banyak pengguna yang tidak mengetahu cara menyimpan file do google drive. apalagi bagi mereka para pemula atau yang baru memiliki akun google drive. yang diantaranya yang merasa kesulitan. Jika kalian termasuk diantara mereka, yang mengalami masalah yang sama. Yuk kita sama sama belajar melalui pembahasan berikut ini.

Mengenal Tentang Google Drive

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Google Drive merupakan layanan penyimpanan online yang di buat oleh Google pada tahun 2012. layanan ini merupakan media penyimpanan seperti cloud yang dapat di akses secara gratis melalui PC maupun HP.

Google Drive dapat di gunakan untuk menyimpan berbagai file diantaranya seperti, Dokument, sound, Video, Foto, serta file lainnya. Untuk menunjang hal tersebut, pengguna di beri kapasitas hingga 15 Gb secara gratis. Dengan demikian maka kalian dapat menyimpan banyak file penting didalam akun google drive.

Baca Juga :   Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 Dapat Uang 600 Ribu

Jika kalian merasa ukurannya kurang cukup besar, kalian bisa melakukan upgrade akun untuk mendapat kapasitas yang lebih besar. Namun fitur ini tidak bisa dilakukan secara gratis, kalian harus membayarnya terlebih dahulu agar mendapatkan layanan yang lebih besar.

Selain itu pengguna akan mendapat keuntungan yang tidak akan di dapatkan jika menyimpan file pada memori PC atau laptop. Keuntungannya adalah file yang di simpan dapat di akses dimanapun, selama perangkat yang kalian gunakan mempunyai jaringan internet. selain itu kalian dapat berbagi file tersebut ke orang lain, jika kalian mengijinkan.

Untuk memanfaatkan layanan ini, tentu saja syarat utamanya adalah kalian harus memiliki akun Google Drive terlebih dahulu. Bagi yang belum memiliki akun, kalian bisa mengikuti cara membuat akun google drive seperti dibawah ini.

Cara Membuat Akun Google Drive

Sebelum membahas mengenai cara menyimpan file di google drive. Ada hal yang lebih penting yang perlu kalian ketahui. yaitu cara membuat akun google drive. Pasanya jika kalian tidak membuat akun, maka kalian tidak dapat memanfaatkan layanan hebat dari google drive.

Berikut adalah langkah – langkah untuk membuat akun google drive, yang bisa kalian ikuti.

  • Buat Akun Gmail

Untuk dapat menggunakan layanan Google drive, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Gmail. Pasalnya untuk dapat terhubung ke layanan tersebut kalian memerlukan akun Gmail.

  • Isi Data Pribadi

Ketika hendak membuat akun Gmail, kalian harus mengisi beberapa data Pribadi terlebih dahulu sebagai syarat pembuatan. Seperti Nama, alamat, negara, nomor Hp email pemulihan serta data – data lainnya

  • Buat Password

Kemudian membuat Password sebagai keamanan akun. hal itu bertujuan agar akun tidak di hack orang lain. Serta untuk menghindari pihak yang tidak bertanggung jawab. Yang menyalah gunakan akun untuk hal – hal yang merugikan kita pribadi dan orang lain.

  • Tinjau Persyaratan
Baca Juga :   5 Cara Mengubah Format Foto ke JPG Online / Offline Di HP Dan Laptop

Ketika hendak konfirmasi pembuatan akun, ada syarat dan ketentuan yang harus di penuhi pengguna. Agar tidak salah pengertian kalian wajib meninjau persyaratan yang diberikan. Setelah di di tinjau secara menyeluruh kalian bisa menyetujui persyaratan tersebut

  • Buka Situs / Aplikasi Google Drive

Setelah kalian menjalankan langkah langkah di atas, selanjutnya kunjungi situs Google Drive atau buka aplikasinya melalui smartphone. setelah itu baru kalian bisa upload berbagai file untuk di simpan pada google drive.

Cara Menyimpan File di google Drive

Setelah kalian memiliki akun Gmail, maka otomatis kalian bisa langsung terhubung ke Google Drive. Setelah itu kalian bisa menyimpan file berharga yang kalian miliki, Bisa berupa Foto, Dokumen, audio, video atau file jenis lainnya.

Jika di bandingkan dengan media atau layanan penyimpanan lainnya, Google drive memiliki banyak kelebihan. Seperti jaminan keamanan, kemudahan akses dan layanan gratis.

Akan tetapi, untuk akun gratis, kalian hanya di beri kapasitas sebesar 15 Gb. dan jika kalian membutukhan kapasitas yang lebih besar bisa melakukan upgrade hingga 30TB. Namun untuk melakukan hal tersebut ada biaya yang harus di bayar.

Untuk memberi kemudahan, google drive bisa di akses melalui PC maupun HP. yang penting kalian terhubung ke internet dan mengingat email dan password akun gmail. untuk itu kami akan menerangkan cara menyimpan file di google drive melalui PC dan Hp.

Cara Menyimpan File di Google Drive lewat PC/Laptop

Jika File yang akan di simpan pada Google Drive terdapat pada memori PC/Laptop. Kalian bisa langsung lakukan upload melalui PC tersebut. Caranya cukup mudah kalian bisa ikuti saja langkah – langkah seperti dibawah ini.

  1. Buka Browser yang ada pada PC yang kalian gunakan Seperti Chrome, Mozila, atau yang lainnya. Pilih yang menurut kalian lebih nyaman.
  2. Selanjutnya masuk ke akun Gmail, sama halnya seperti kalian mau masuk ke email
  3. Setelah masuk ke halaman utama Gmail, Klik Ikon titik – titik berbentuk kotak yang ada ada sisi kanan atas.
  4. kemudian akan muncul berbagai aplikasi dari google.
  5. Setelah itu pilih Drive (ikon segitiga dengan warna hijau,Kuning dan biru)
  6. Jika sudah klik tombol New / Baru
  7. Kemudian klik “File Upload” Lalu pilih file yang akan kalian simpan
  8. Jika sudah dipilih, proses upload akan segera berlangsung, jika file memiliki ukuran besar maka proses upload akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan file dengan ukuran yang lebih kecil.
  9. Setelah Proses selesai maka file akan otomatis tersimpan di Google drive.
Baca Juga :   Cara Cek NISN dengan Nama Secara Online di Kemdikbud 2022

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat HP

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat HP tidak berbeda jauh dengan lewat PC. Tapi, prosesnya lebih mudah dan praktis, sebab bisa melalui aplikasi yang di sediakan pihak Google. Untuk caranya kalian bisa ikuti seperti dibawah ini.

  • Buka aplikasi Google Drive yang tersedia pada Smartphone kalian. Jika belum ada silahkan install terlebih dahulu via Playstore atau Appstore
  • Untuk yang baru pertama kali, maka akan ada prolog, silahkan skip semua hingga muncul ikon tambah
  • Setelah itu tap ikon Plus / tambah yang berwarna biru terletak di pojok kanan bawah layar
  • Kemudian tap menu Upload
  • lalu pilih file yang akan di simpan, baik itu Gambar, Video, Foto atau file lainnya
  • selanjutnya tunggu hingga proses upload selesai,
  • Setelah selesai File akan otomatis tersimpan pada google Drive

Penutup

Bagaimana Apakah sudah cukup jelas ? Ilylah Cara Menyimpan File di Google Drive yang dapat kami sampaikan. Baik itu lewat Hp maupun lewat PC. Semoga informasi ini dapat membantu serta bermanfaat baik untuk kita. Terimakasih atas perhatiannya