Cara Restar HP Vivo Yang Hang Atau Terkunci Ke Setelan Pabrik

Butonrayanews.co.id – Agar dapat menambah kinerja ponsel kalian harus memahami cara restar hp milik kalian sendiri. Bagi kalian yang menggunakan Hp Vivo juga sama harus paham cara merestar Hp Vivo agar kinerjanya meningkat. Restar sendiri bertujuan agar hp menjadi lebih berkualitas, untuk ulasan lengkapnya silahkan simak.

Restar Hp merupakan sebuah aktivitas memulai ulang sistem ponsel, biasanya hal ini identik dengan terjadinya masalah. Masalah yang terjadi pada ponsel terbilang parah sehingga memerlukan proses restar. Hal ini berlaku juga untuk semua ponsel android termasuk ponsel vivo.

Memulai ulang ponsel juga dapat mengatasi layar bermasalah atau layar tidak berfungsi. Bisa juga untuk mengatasi aplikasi atau sistem error pada ponsel tersebut sehingga perlu melakukan restar. Jika kalian memliki smartphone kalian haru tahu bagaimana cara untuk merestar ponsel kesayangan kalian.

Hal ini bertujuan agar kalian dapat meningkatkan fungsi ponsel kalian jika terjadi masalah kerusakan sistem. Bagi para pengguna merk Vivo yang belum mengetahui bagaimana cara merestar ponsel silahkan simak ulasanya. Karena mengetahui cara restar hp pengguna sangat penting dan bermanfaat.

Manfaat Reset Ponsel Android

Reset ponsel adalah sebuah tindakan dimana kalian memuali ulang setelan ponsel kedalam setelan pabrik. Setelah sebuah ponsel direset kedalam setelan awal seperti pertama kalian membeli ponsel tersebut. Maka aplikasi pihak ketiga dan semua data yang terdapat didalam perangkat kalian akan secara otomatis terhapus dan hilang.

Jika ponsel kalian telah dikembalikan kepengaturan awal pabrik maka kinerja dari ponsel tersebut akan lebih baik. Namun tidak hanya itu manfaat yang akan kalian dapatkan setelah melakukan restar ponsel kalian. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat restar hp, silahkan simak ulasan dibawah ini :

Baca Juga :   Cara Daftar UMKM Online 2022 Gratis Lewat HP, Dapatkan BLT 1,2JT

1. Menghilangkan Virus & Malware

Perlu kalian ketahui mereset ponsel merupakan sebuah tindakan yang perlu kalian lakukan jika ponsel mengalami kerusakan parah. Namun tidak semuanya berlaku demikian, solusi ini diperlukan pada cara perbaikan terakhir.

Sebelum kalian melakukan reset ponsel kalian, pastikan kalian telah melakukan backup data kalian sebelumnya. Agar setelah melakukan reset ponsel data-data yang hilang dapat kalian kembalikan lagi kedalam ponsel. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya setelah melakukan reset semua data akan hilang, backup data bertujuan agar data penting kalian tidak hilang.

Selain itu, merest ponsel dapat menghilangkan semua virus atau malware yang ada pada ponsel kalian sebelumnya. Virus dan malware akan menghambat kinerja ponsel kalian menjadi lambat dan tidak berfungsi semestinya. Meskipun dengan cara mereset aplikasi didalamnya juga akan hilang.

2. Mengembalikan Kunci Pola ke Awal

Biasanya untuk keamanan ponsel kalian melakukan perlindungan ponsel dengan menggunakan kunci sandi atau pola. Namun sering kali lupa dengan kata sandi dan pola yang kalian buat untuk perlindungan ponsel tersebut. Nah, untuk solusinya kalian juga bisa melakukannya dengan cara mereset ponsel kalian.

Semua kunci dan pola yang kalian buat untuk perlindungan ponsel akan hilang dan tidak akan terkunci, karena sama seperti pertama kalian membelinya.

3. Membersihkan Memori Penyimapanan

Keuntungan lainnya yang akan kalian dapatkan setelah melakukan reset ponsel yaitu ruang penyimanan lebih luas. Karena setelah melakukan reset hp tidak hanya virus dan malmare saja yang hilang namun berikut data penyimanannya juga.

Dengan begitu ponsel kalian tidak akan terbebani dengan banyaknya file yang telah kalian simpan. Saat kalian ingin melakukan reset pada ponsel kalian pastikan kalian membackup data penting terlebih dahulu agar tidak hilang.

4. Memperbaiki Ponsel yang Sering Error

Memiliki ponse pintar tidak menjamin lolos dari gangguan dan kerusakan yang akan kalian hadapai. Kerusakan bisa terjadi pada ponsel dibagian apapun seperti, touchsreen error, bootloop ringan dan lain sebagainya.

Baca Juga :   3 Cara Tukar Poin Tri Dengan Kuota Data Atau Menjadi Pulsa 2022

Solusi terakhir yang bisa kalian gunakan adalah dengan melakukan reset pada ponsel kalian. Namun jika terjadi kerusakan yang cukup parah tentunya kalian memerlukan proses perbaikan lainnya.

Cara Reset Ponsel Vivo dengan Mudah

Setelah mengetahui cara mereset ponsel kalian berikutnya kami lanjutkan ulasan tentang cara mudah mereset ponsel. Jika kalian pengguna hp Vivo, dan sudah memiliki banyak file penyimanan atau bahkan terdapat malware. Kalian bisa melakukan reset ponsel kalian dengan beberapa cara berikut ini :

Reset Ponsel Vivo Melalui Recovery Mode

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mereset ponsel vivo milik kalian dengan recovery mode. Fitur ini disematkan dalam perangkat adnroid vivo dan fitur ini terpisah dari sistem lain yang ada dalam ponsel vivo.

Dengan menggunakan fitur ini proses mereset ponsel kalian akan lebihmudah, cepat dan aman. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kalian lakukan, simak jangan sampai ada yang terlewat.

  1. Matikan ponsel vivo dengan cara menekan tombol Power off.
  2. Selanjutnya, tekan bersamaan tombol power dengan tombol volume bawah.
  3. Lepas semua tombol tadi setelah muncul logo android.
  4. Setelah itu, layar akan hitam dan muncul menu select mode boot. Silahkan pilih Recovery mode.
  5. Lanjutkan proses dengan memilih wipe data/factory reset. Tekan tombol volume bawah dan power agar proser reset dapat dimulai.
  6. Setelah itu, akan muncul tulisan Reboot system now. Jika kalian setuju tekan tombol power pada ponsel.
  7. Tunggu sampai proses reboot selesai dan ponsel kembali ke pengaturan awal.

Reset Ponsel Vivo dengan Menu Backup & Reset

Cara kedua yang bisa kalian lakukan dengan cara Backup dan Reset. Seperti yang sudah dijelakan diatas bahwa jika melakukan proses ini semua data dalam ponsel kalian akan hilang. Berikut ini langkah-langkah reset ponsel vivo melalui Backup dan reset :

  1. Masuk ke aplikasi atau menu setting.
  2. Setelah itu, pilih menu more setting.
  3. Pilih menu Backup dan reset.
  4. Pada menu tersebut ada dua pilihan yang bisa kalian ambil. Kedua pilihan ini mempunyai pengaruh yang berbeda, pilihan pertama adalah Reset All Setting. Dan yang kedua adalah Erase All Data, pilih pilihan kedua agar proser reset lebih terjamin.
  5. Selanjutnya akan muncul persetujuan penghapusan. Pilih menu erase phone storage dan tekan tombol reset ponsel.
  6. Kalian akan diminta pin atau password untuk melanjutkan reset ponsel vivo kalian.
  7. Setelah ini ponsel vivo akan melakukan reset secara otomatis dan sistem operasi ponsel akan kembali seperti baru.
Baca Juga :   4 Cara Mengubah JPG ke PDF Online Di HP Atau Laptop Dengan Mudah

Cara Melakukan Restar Hp Vivo Lupa Kata Sandi

Nah, bagi kalian yang sering lupa kata sandi pada ponsel vivo milik kalian sendiri. Ada cara mudah untuk melakukan reset pada ponsel kalian agar penggunanya dapat menggunakan kembali. Solusi yang bisa kalian lakukan untuk masalah lupa kata sandi sebagai berikut. Namun proses ini sama saja akan menghilangkan data penting kalian dalam ponsel jadi pastika kalian sudah membackup data terlebih dahulu.

Berikut ini cara mereset ponsel yang lupa kata sandi :

  1. Pertama matikan ponsel vivo milik kalian.
  2. Tekan tombol power dan volume atas secara bersamaan, tahan hingga HP bergetar.
  3. Selanjutnya pilih recovery mode, dengan menekan tombol volume bawah dan tombol power untuk mengkonfirmasi perintah.
  4. Setelah itu bersihkan atau hapus cache pada ponsel vivo dengan cara klik opsi clear cache.
  5. Tunggu beberapa saat, jika selesai pilih opsi retrun untuk kembali ke menu awal.
  6. Langkah selanjutnya dengan memilih opsi clear all data dan tunggu hingga proses selesai. Lalu pilih opsi retrun atau kembali kemenu utama.
  7. Setelah selesai tekan opsi back yang terletak dipojok atas ponsel.
  8. Untuk menyelesaikan proses ini silahkan tekan tombol restart dan tunggu hingga proses selesai.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang telah disampaikan mengenai reset ponsel vivo jika memiliki masalah. Pastikan kalian membackup data terlebih dahulu jika ingin melakukan reset pada ponsel kalian. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan terima kasih telah mendukung laman kami.