Contoh Penutup Surat Lamaran Dinas/Pekerjaan Yang Persuasif

Butonrayanews.co.id – Sebelum kalian melamar kerja kalian harus menyiapkan mental dan sejumlah dokumen pendukung untuk dipersiapkan. Seperti surat lamaran pekerjaan atau curriculum vitae dan kalian harus paham bagian-bagian dalam surat lamaran. Seperti pada bagian pembuka atau penutup surat, contoh penutup surat lamaran yang benar bisa kalian simak agar lebih jelas.

Fungsi dari surat lamaran pekerjaan adalah sebagai permohonan atau pengajuan kerja kepada perusahaan secara resmi. Jika dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan kalian ditulis dengan baik dan benar akan memperbesar peluangan dirilik rekruiter. Dengan begitu surat pengajuan kerja kalian dapat diproses sesuai dengan tahap rekrutment perusahaan tersebut.

Itu sebabnya surat lamaran pekerjaan yang kalian buat harus memperhatikan struktur atau bagian-bagian dari pembuatan surat. Seperti dalam pembuatan surat kalian harus ditulisn sesuai dengan aturan, baik dari fisik surat, isi surat, dan tampilan. Selain itu dalam penulisan surat lamaran pekerjaan harus baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan pemilihan bahasa dan maksud yang ingin disampaikan dalam surat tersebut.

Dalam pembuatan surat lamaran ada tips-tips yang perlu kalian perhatikan agar dapat mempengaruhi HRD. Biasanya bahasa yang digunakan dalam pembuatan surat lamaran kerja merupakan bahasa formal, baik dan benar. Pada kalimat pembuka biasanya kalian akan menggunakan bahasa yang menarik perhatian HRD agar ingin tahu isi dari surat tersebut.

Namun sering terlupakan pada bagian penutup surat terdapat kalimat yang kurang berkesan bagi rekruiter. Padahal kalimat penutup juga tidak kalah pentingnya dengan kaliamt pembuka, karena perekrut biasanya akan berekspektasi membaca kalimat penutup yang impresif.

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja yang Tepat

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja yang Tepat

Dalam pembuatan surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelamar misalnya kalimat penutup. Kalimat penutup yang berkesan akan lebih disukai dari pada kalimat penutup yang biasa saja. Namun kalian harus tetap memperhatikan dalam pembuatan kalimat penutup kalian tidak perlu bertele-tele. Karena hal tersebut dapat mengurangi kualitas surat lamaran kerja.

Baca Juga :   Ukuran Foto 5R, 6R, 8R, dan 10R Dalam Satuan Mm, Cm, Dan Inchi

Berikut ini beberapa contoh kalimat penutup surat lamaran kerja dalam bahasa indonesia :

  1. Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat bergabung diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terima kasih.
  2. Sekian surat lamaran pekerjaan dari saya. Semoga saya diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.
  3. Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya ajukan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut telah saya sertakan beberapa lampiran guna memenuhi syarat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
  4. Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya untuk diterima sebagai sekertaris di perusahaan yang Ba[ak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
  5. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu pimpinan perusahaan berkenan memberikan kesempatan untuk maju ketahap wawancara. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terima kasih.
  6. Sekian surat permohonan lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Semoga surat ini dapat diterima dan berkenan bagi Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih.
  7. Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan menjadi bagian dari perusahaan. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu. berikut saya sertakan beberapa lampiran pendukung guna memenuhi syarat. Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terima kasih.

Ciri-Ciri Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Ciri-Ciri Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Berikut ini ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang baik supaya memberikan impresif kepada perekrut :

1. Disusun dengan Memperhatikan Kaidan Penulisan Surat yang Baik dan Benar

Surat lamaran pekerjaan dibuat untuk ditujukan kepada perusahaan atau perekrut, sehingga dalam penyusunan dan penulisanya harus memperhatika kaidah baku. Berikut ini hal penting yang harus kalian perhatikan dalam penyusunan dan penulisan surat lamaran kerja.

  • Surat lamaran harus menggunakan bahasa resmi atau baku
  • Saat penulisan, perlu diperhatikan ejaan serta tanda bacanya
  • Apabila ditulis dengan tangan, maka penulisanya harus rappi dan mudah dibaca
  • Surat ditulis secara runtundan teratur supaya mudah dipahami
  • wajib memperhatikan bagian-bagian pokok surat lamaran
  • Pisahkan setiap isi bagian suratsecara rapi dan jelas sesuai dengan maksud penyampaiannya
Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas Seri A Dan B Dalam Satuan Mm Cm Inchi

2. Surat Lamaran Dibuat dengan Ringkas, Padat dan Jelas

Penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik adalah surat yang tidak bertele-tele. Jangan dibuat secara berlebihan tapi jangan juga terlalu ringkas karena hal tersebut akan membuat perekrut meragukan pelamar.

Buatlah surat lamaran kerja dengan ringkas,padat dan jelas. Terutama pada bagian kelebihan, kemampuan dan prestasi yang dimiliki, sampaikan secara ringkas dan mewakili. Agar perekrut dapat membacanya dengan ketertarikan.

3. Dibuat dengan Jujur dan Kenyataan

Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik adalah dibuat dengan jujur dan sesuai kenyataan. Penulisan harus meliputi data diri, kualifikasi yang dimiliki, kelengkapan persyaratan hingga pengalaman. Semua hal tersebut harus ditulis sesuai dengan kenyataan dan apa adanya agar tidak menyulitkan tahap berikutnya.

4. Dibuat dengan Memperhatikan Konsep 5W + 1H

Dalam membuat surat lamaran kerja kalian harus memperhatikan konsep 5W + 1H , meliputi what, when, where, who, why dan how. Buatlah surat lamaran yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dicari oleh perekrut. Dengan begitu perekrut akan lebih yakin bahwa pelamar orang yang layak menjadi bagian perusahaan.

5. Melengkapi Persyaratan

Salah satu ciri-ciri surat lamaran kerja yang baik adalah yang memenuhi kelengkapan persyaratan yang diinginkan perekrut. Kalian juga harus memperhatikan kesesuaian kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan dengan yang dimiliki. Kemudian sertakan bukti fisiknya sebagai lampiran supaya dapat meyakinkan perekrut.

Hal-hal yang Harus Dihindari saat Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah kalian memahami ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang baik, kemudian kalian juga wajib tahu hal-hal yang harus dihindari. Hal tersebut harus kalian hindari saat membuat surat lamaran pekerjaan karena hal tersebut dapat mengurangi kualitas surat lamaran kerja. Dan tentunya dapat membuat keraguan bagi perekrut, silahkan kalian perhatikan hal yang harus dihindari dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

  1. Mencantukan informasi yang tidak penting, surat lamaran kerja harus ringkas, jelas dan padat, jadi hindari hal yang tidak diperlukan. Atau informasi tidak penting lainnya.
  2. Pengalaman kerja yang tidak relevan, dalam penulisan surat lamaran kerja tidak semua pengalaman kerja kalian tulis didalamnya. Sebaiknya tulislah pengalaman yang paling relevan saja.
  3. Informasi pribadi dan informasi yang tidak benar, dan yang terakhir kalian tidak perlu mencantukan informasi pribadi daninformasi yang tidak penting. Karena dapat menyulitkan pelamar kedepannya.
Baca Juga :   Ukuran Kartu Nama Dalam Mm Cm Pixel di Word Dan Photoshop

Akhir Kata

Setelah melihat beberapa contoh penutup surat lamaran pekerjaan, kalian tinggal pilih mana yang paling sesuai. Atau jika kalian membutuhkan referensi lainnya kalian bisa lihat dalam internet. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan terima kasih.