Butonrayanews.co.id – Selain CV hal penting lain yang harus ada saat kalian melamar pekerjaan adalah contoh surat lamaran kerja. Surat Lamaran kerja ini perlu kalian siapkan dengan baik dan benar agar nantinya kalian dapat dipertimbangkan HRD. Dengan begitu kalian akan lebih memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.
Umumnya surat lamaran yang harus kalian buat tidak terlalu panjang atau terlalu pendek namun harus efisien, singkat, jelas dan sopan. Kalian tidak perlu menjelaskan pekerjaan kalian sebelumnya dalam surat lamaran yang kalian tulis. Karena keterangan pekerjaan sebelumnya biasanya kalian tulis dalam CV.
Untuk pembuatan surat lamaran sendiri sama seperti CV kalian bisa menggunakan bahasa indonesia ataupun inggris. Dan sebaiknya sesuai dengan bahasa dengan posisi yang kalian lamar. Jika kalian melamar pada perusahaan multinasional maka sebaiknya kalian menulis surat lamaran menggunakan bahasa inggris.
Dan isi dari surat lamaran kerja yang kalian buat biasanya berisi penjelasan singkat tentang pengalaman serta tujuan dan alasan melamar. Misalnya dalam bidang tertentu, kalian menginginkan pekerjaan tersebut karena memang menguasi dalam hal tersebut. Agar lebih memahami dalam pembuatan surat lamaran kerja kalian bisa simak ulasan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja.
Apa Itu Surat Lamaran Kerja ?

Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi permohonan untuk melamar suatu pekerjaan, PT atau lembaga tertentu. Surat lamaran pekerjaan biasanya bersifat resmi karena itu perlu perhatian khusus dalam pembuatanya.
Point terpenting dalam pembuatan surat lamaran kerja yaitu gunakan kalimat yang efektif, ringkas enak dibaca dan sopan. Didalamnya terdapat beberapa dokumen pendukung lainnya seperti resume atau CV dan curriculum vitae.Curriculum vitae adalah dokumen yang menggambarkan seseorang mengenai pengalaman sebelumnya atau kualifikasi lainnya lebih dikenal dengan sebutan daftar riwayat hidup.
Sedangan CV atau resume sendiri adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas , mengenai siapa diri kalian. Pencapaian apa yang telah kalian dilakukan sebelumnya, bagaimana relevansi pengalaman kalian terhadap posisi yang dilamar.
Jadi dengan begitu kalian dapat mengetahui dokumen pelengkap dalam surat lamaran kerja dan perbedaan dari dokumen tersebut. Agar kalian lebih mudah dalam membuat surat lamaran kerja silahkan simak ulasan selanjutnya.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Dalam pembuatan surat lamaran kerja kalian harus memperhatikan struktur penting dalam pembuatan surat lamaran dengan baik dan benar. Struktur surat lamaran kerja dibagi atas alamat pengirim, tanggal surat, pembuka surat, isi surat dan lamaran penutup.
Berikut ini panduan jelasnya dalam pembuatan surat lamaran kerja :
1. Alamat Pengirim
Untuk bagian dala alamat pengirim biasanya berisikan nama, alamat pengirim, nomer telepon atau alamat email pelamar. Alamat pengirim dicantumkan disebelah kanan atas dan pastikan semuanya dapat dibaca dengan mudah oleh rekruter.
2. Tanggal Surat
Tanggal surat sebaiknya perlu dicantumkan dalam pembuatan surat lamaran agar rekuter tahu mana surat lamaran baru mana surat lamaran lama yang dikirim. Bagian ini dicantumkan dua atau tida baris dibawah alamat pengirim.
3. Alamat Surat atau Tujuan Surat
Nama perusahaan harus ditulis lengkap pada baris pertama, diikuti nama gedung pada baris kedua, dan nama jalan pada baris berikutnya.
4. Salam Pembuka
Untuk salam pembukaan dalam bahasa indonesia biasanya ditulis menggunakan kata ” Dengan Hormat “. Sedangkan dalam penulisan surat dalam bahasa inggris biasanya perlu kalian perhatikan penggunaan salam berdasarkan tujuan orang atau bagian yang dituju.
Misalkan surat lamaran dituju kepada manager atau ke bagian personalia, gunakan “Dear Sir “. Sedangkan jika surat ditujukan kepada perusahaan digunakan ” Dear Sirs “.
5. Isi Surat
Isi surat dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
- Alenia Pembukaan
- Merupakan kesan pertama dari surat lamaran yang ditulis, karena itu penting untuk memilik kata-kata yang tepat untuk menarik pembaca. Serta sekaligus mempengaruhi keputusan untuk membaca surat ini.
- Tubuh Surat
- Pada bagian ini kalian bisa menjelaskan keahlian yang kalian miliki sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar. Jelaskan juga kontribusi pekerjaan yang akan kalian berikan pada perusahaan jika diterima kerja.
- Alenia Penutup
- Bagian penutup biasanya berisi ucapan terima kasih dan harapan kalian yang menginginkan mendapatkan balasan dari perusahaan.
6. Salam Penutup
Gunakan salam penutup yang baik dan lazim digunakan. Bagian ini ditulis dua atau tiga spasi dibawah bagian baris terakhir isi surat.
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar
Setelah kalian memahami format penulisan dalam pembuatan surat lamaran kerja. Maka selanjutnya merangkai kata dalam penulisan surat lamaran tersebut, karena merupakan surat resmi maka memiliki format penulisan yang baku.
Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dilirik oleh HRD :
1. Surat Lamaran Kerja Umum
Dibawah ini merupakan contoh penulisan surat lamaran kerja yang umum dan baku yang biasa digunakan untuk melamar kerja :
Bandung, 23 Juni 2022
Yth. Bapak/Ibu HRD PT, XXX di Tempat
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
Alamat :
Nomor Telepon (HP) :
Sehubungan dengan adanya penerimaan karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya bermaksud mengajukan surat lamaran kerja agar dapat diterima bekerja di tempat yang Bapak/Ibu pimpin sebagai ( POSISI YANG DILAMAR ).
Saya memiliki pengalaman kerja sebagai ( POSISI ) selama (BERAPA TAHUN). Saya memiliki keahlian sebagai ( XXXX ) dan berhasil meraih (CAPAIAN)/ (PORTOFOLIO).
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas sebagai berikut :
Daftar Riwayat Hidup
Fotokpi KTP
Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Terakhir
Fotokopi Sertifikat
Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat bekerja di tempat Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
( TULIS NAMA )
2. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate
Dibawah ini ada contoh pembuatan surat lamaran kerja bagi kalian yang baru lulus SMA :
Bogor, 22 Juni 2022
Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Bapak/Ibu HRD PT, XXX di Tempat
Dengan Hormat,
Sesuai dengan adanya informasi lowongan pekerjaan di ( perusahaan ) yang saya dapatkan dari surat kabar XXX pada tanggal 20 juni 2022. Saya bermaskud bergabung kedalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun pekerjaan yang saya maksud dibagian Marketing di perusahaan PT XXX. Berikut ini adalah data singkat saya :
Nama :
Alamat :
Nomor Telepon (HP) :
Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Saya juga aktif berorganisasi serta memiliki kemampuan bahasa inggris yang fasih. Saya juga mampu mengoperasikan komputer baik di Lotus Spreedsheet, Ms Office Word, Excell, Accsess dan beberapa software perkantoran lainnya.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas sebagai berikut :
Daftar Riwayat Hidup
Fotokpi KTP
Fotokopi Ijazah S1
Fotokopi Transkrip Nilai
Fotokopi Sertifikat TOEFL terbaru
Kesempatan wawancara dengan Bapak/Ibu HRD sangat saya harapakan agar saya dapat menjelasakan lebih rinci. Tentang kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
( TULIS NAMA )
Akhir Kata
Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja dan format penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semua ulasan sudah dijelaskan dalam artikel ini. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan terima kasih.