Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik / Perusahanaan Swasta

Butonrayanews.co.id – Setelah membahas berbagai surat lamaran kerja dan cara penulisan yang baik tentang surat lamaran kerja. Mungkin kalian juga membutuhkan contoh surat pengunduran diri karyawan, kalian bisa melihatnya diberbagai halaman web. Atau kalian juga bisa melihat contohnya dalam artikel ini, simak ulasan selengkapnya.

Karena surat pengunduran diri kerja adalah surat resmi dari karyawan untuk perusahaan. Sehingga ketika kalian memilih referensi surat pengunduran diri kerja kalian tidak bisa melakukannya secara asal-asalan. Meskipun terlihat umum dalam dunia kerja, kalian harus tetap memperhatikan pembuatan surat pengunduran diri tersebut.

Alasan lainnya mengapa seseorang harus memilih surat pengundruan diri yang baik adalah karena pengunduran diri merupakan hal sensitif. Dengan membuat surat pengunduran diri kalian tidak meninggalkan kesan buruk atau bertindak tidak profesional kepada perusahaan.

Sebelum kalian mengajukan surat pengunduran diri kepada perusahaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh karyawan. Misalnya berdiskusi dengan atasan terlebih dahulu dan menyerahkan surat pengunduran diri maksimal satu bulan sebelum resign. Hal ini penting agar pihak perusahaan mempersiapakan orang untuk posisi yang ditinggalkan.

Tentang Surat Pengunduran Diri Kerja

Tentang Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat yang ditulis guna mengajukan permohonan keinginan resign atau keluar kerja. Biasanya surat tersebut diperlukan sebagai syarat adiministratif dalam mengajukan pengunduran diri.

Jenis surat ini menjadi bentuk resmi saat kalian ingin berhenti melakukan pekerjaan atau jabatan yang sedang kalian jalani. Beberapa perusahaan atau instansi menyediakan contoh surat pengunduran diri karyawan sebagai aturan baku.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Satuan Mm, CM, Inchi, Dan Pixel

Kalian tidak perlu menjelaskan panjang lebar alasan kalian resign dari perusahaan namun tetap menyatakan alasan pengunduran diri secara singkat. Tuliskan hal-hal positif tentang perusahaan pada surat pengunduran diri kalian.

Oleh karena itu, apabila kalian ingin resign dari pekerjaan kalian, sangat penting memberitahukan hal tersebut kepada HRD. Pastikan menggunakan surat pengunduran diri resmi yang ditulis dengan baik dan benar.

Struktur Surat Pengunduran Diri

Struktur Surat Pengunduran Diri

Dalam penulisan surat pengunduran diri kalian harus memperhatikan struktur surat. Berikut ini struktur surat pengunduran diri yang biasa digunakan di perusahaan.

1. Pembuka

Pada bagian header berisi tanggal pembuatan surat, nama dan alamat atasan yang dituju serta informasi pribadi kalian.

2. Isi

Untuk bagian isi biasanya berisikan salam, informasi mengenai rencana pengunduran diri, tanggal mengundurkan diri, serta alasan mengundurkan diri. Jika kalian membutuhkan surat referensi dari kantor maka kalian sampaikan pada bagian ini. Serta mengucapkan terima kasih dan berbicara hal baik selama bekerja didalam perusahaan tersebut.

3. Penutup

Bagian terakhir berisi salam penutup, tanda tangan dan nama terang.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan, sebagai referensi kalian karyawan yang ingin resign.

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Indonesia

Tempat, Tanggal/Bulan/Tahun

Kepada Yth,

HRD PT._____

Di Tempat (Sebutkan tempat perusahaan)

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :

Jabatan :

Alamat :

Nomor ID :

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan_____ di perusahaan PT.____ pada tanggal 1 Agustus 2022. Bersama kontrak yang telah berakhir.

Saya memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan PT.____ . Tidak lupa saya juga memohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin pernah saya lakukan. Dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di PT.____.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 3R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Dengan rasa syukur saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberika saya kesempatan untuk bekerja. Belajar dan berkembang di PT.____ selama lima tahun. Selain itu saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah abnyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

Jakarta, 20 Agustus 2022

Kepada Yth, Pimpinan PT.____

di Jakarta

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :

Jabatan :

Alamat :

Nomor ID :

Melalui surat pernyataan ini, saya berniat untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari jabatan_____ di perusahaan_____ terhitung tanggal (tanggal/bulan/tahun).

Sebelumnya, saya dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena telah memberikan kesempatan. Untuk dapat bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Bapak/Ibu.

Selain itu, saya juga ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan kerja saya disini yang telah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu.

Saya pun memohon maaf untuk segala kesalahan saya yang mungkin sempat meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu. Semoga, perusahaan Bapak/Ibu terus berkembang.

Demikian surat pengunduran diri saya ini yang dibuat dengan kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

Tanda tangan

(Nama Lengkap)

Contoh Surat Resign Sederhana

Jakarta, 20 Agustus 2022

Kepada Yth, Pimpinan PT.____

di Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama ( tulis nama lengkap ) bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT.____. Yang mana saya memiliki posisi sebagai marketing.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inci, Dan Pixel

Saya melakukan permohonan ini karena ingin melanjutkan bisnis keluarga. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang diberikan kepada saya selama 6 tahun ini. Mohon maaf jika selama bekerja satya melakukan banyak kesalahan yang merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima Bapak/Ibu. Semoga PT._____ akan semakin berkembang dan maju.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

Akhir Kata

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang telah diberikan sebagai referensi bagi kalian yang ingin resign dari pekerjaan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan terima kasih telah mendukung laman kami.