Curug Batu Templek, Air Terjun di Bandung dengan Batu Tebing Eksotis

Butonrayanews.co.id – Curug Batu Templek merupakan objek wisata alam yang mudah di temui di Bandung. ini dikarenakan lokasinya yang strategis dan tidak jauh dari jalan raya. Warga sekitar biasanya berkunjung untuk menghabiskan waktu sambil bersepeda.

Sebelumnya tidak terlalu terkenal, namun setelah banyak yang mempublikasikan keindahannya, saat ini mulai ramai dikunjungi. Setiap hari selalu saja ada pengunjung yang datang, biasanya di pagi dan sore hari.

Tujuannya bermacam-macam, ada yang karena penasaran, ada pula yang ingin berburu spot foto cantik. Tidak jarang wisatawan yang sebelumnya pernah berkunjung, kemudian ingin kembali lagi karena terpesona dengan eksotisme nya.

Perlu diketahui, curug adalah sebutan untuk air terjun bagi warga jawa barat. Nama Curug Batu Templek sendiri tidak lepas dari bentuknya yang mirip lempengan batu dan melekat satu sama lain. Meski ada banyak air terjun di Indonesia, namun belum tentu anda menemukannya di tempat lain.

Daya Tarik Curug Batu Templek

Datangnya pengunjung dari berbagai daerah bukan tanpa sebab, semua dikarenakan daya tariknya yang mempesona. Bukan hanya curug atau air terjun, namun masih banyak yang perlu kamu ketahui, berikut beberapa diantaranya!

Eksotisme Baru Tebing

Daya tarik Curug Batu Templek yang pertama yakni dari tatanan batu tebing yang eksotis. Tidak meratanya batuan tersebut justru menampakkan keindahannya. Air terjun ini bisa dikatakan terbentuk secara semi alami, artinya bukan murni karena kejadian alam.

Adanya susunan batu yang seolah melekat merupakan hasil dari campur tangan manusia. Ini dikarenakan sebelumnya kawasan ini merupakan lokasi penambangan batu andesit. Setelah lama beroperasi, akhirnya terbentuklah curug dengan keindahan batu tebingnya.

Baca Juga :   Alun Alun Probolinggo, Destinasi Wisata Keluarga Gratis Menarik

Suasana Alami

Sama halnya dengan air terjun pada umumnya, banyak vegetasi hijau yang tersebar merata di sekitar air terjun. Kondisi ini membuat suasananya asri dan nyaman, mengunjungi Curug Batu Templek cocok dijadikan aktivitas healing dari kesibukan sehari-hari.

Selain itu, kondisi udaranya juga berkualitas sehingga cukup menyehatkan. Jenis pohon perdu biasanya digunakan pengunjung untuk berteduh jika cuaca nya terik. Menikmati panorama alam yang indah dengan keadaan hening dan asri tentunya sangat menarik.

Air Terjun Musiman tanpa Kolam

Daya tarik selanjutnya yakni dari keunikan curug, kali ini termasuk air terjun musiman. Artinya, kondisi debit air semakin deras ketika musim hujan. Sedangkan ketika musim kemarau, aliran air tidak begitu banyak dan bahkan tidak ada sama sekali.

Hal ini bisa menjadi daya tarik karena untuk mengunjunginya tidak bisa sepanjang waktu. Namun jika tujuannya hanya untuk melihat keunikan batu tebing tentu tidak masalah. Wisatawan yang penasaran akhirnya menyempatkan diri dan tidak ingin menyia-nyiakan keunikan nya.

Sebagai Objek Foto

Dari banyaknya pengunjung yang datang, hampir dipastikan mereka menyempatkan diri untuk mengabadikan momen. Hal ini sebenarnya wajar, karena banyak sekali keindahan yang ditemukan di Curug Batu Templek.

Tentunya keindahan yang dimaksud yakni dari air terjun itu sendiri. Eksotisme nya cocok sekali dijadikan latar belakang foto. Hasilnya pun dijamin bagus dan membuat siapa saja iri. Apalagi jika kamu bisa mengambil sudut yang tepat dengan pose sedikit bergaya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Mengunjungi objek wisata alam di Bandung ini tidak pernah rugi karena indahnya alam yang disajikan. Selain itu, tidak sulit juga untuk menjangkaunya, lokasinya strategis dan mudah ditemukan. Alamatnya berada di Kampung Sentakdulang, Cikored, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga :   Pasir Berbisik Gunung Bromo, Wisata Alam dengan Padang Savana

Jarak Curug Batu Templek dari alun-alun Bandung sekitar 15 kilometer, kamu butuh perjalanan selama setengah jam jika kondisi tidak macet. Namun apabila sebaliknya, waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 50 menit. Dari banyaknya rute, yang paling dekat yakni melalui Jalan A Yani.

Setelah menempuh sepanjang jalan tersebut, lanjutkan ke menuju ke Jalan Abah Sastra. Tujuan berikutnya yakni ke Jalan Pasir Impun hingga ke kawasan Babakan. Dari titik ini, silahkan ikuti petunjuk jalan yang disediakan, objek wisata tujuan berjarak sekitar 1 kilometer lagi.

Harga Tiket Masuk

Hampir semua objek wisata alam yang ada di Bandung di banderol dengan harga terjangkau, termasuk Curug Batu Templek.. Bayangan saja, untuk mendapatkan semua pesona yang disajikan hanya diganti dengan biaya tiket masuk sebesar 5.000 rupiah.

Namun ingat, pastinya ada biaya lain yang perlu dipersiapkan, untuk tiket parkir misalnya. Bagi kamu yang datang membawa sepeda motor, siapkan uang receh sebesar 2.000 rupiah untuk sewa lahan parkir, sedangkan untuk mobil sebesar 5.000 rupiah.

Biaya lain yang diperlukan yakni untuk camping jika kamu ingin bermalam menghabiskan waktu malam di dekat air terjun. Biaya ini dibutuhkan untuk mengurus perizinan, nominalnya sebesar 30.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Apa yang bisa dilakukan selama mengunjungi Curug Batu Templek? Pertanyaan ini mungkin terlintas di benak kamu karena belum pernah mengunjunginya. Tentunya ada banyak sekali yang dapat dilakukan, sebagian telah kami rangkum sebagai berikut!

Bersepeda Santai

Akses jalan yang baik sangat memungkinkan untuk aktivitas bersepeda santai. Kamu bisa menyusuri setiap sudut lokasi air terjun melalui jalan setapak yang disediakan. Jangan khawatir, sebagian besar jalan berupa bebatuan sehingga tidak licin.

Aktivitas ini pada umumnya dilakukan warga sekitar pada pagi atau sore hari untuk menghabiskan waktu senggang. Jika kamu tertarik, silahkan membawa sepeda sendiri karena hingga saat ini masih belum ditemukan tempat penyewaan sepeda.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Bali Paling Hits Dan Populer Cocok Untuk Liburan

Berkemah

Kelebihan lain yang sekaligus menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini yakni berkemah. Menghabiskan waktu malam sambil menikmati indahnya alam memang selalu menarik dan membuat siapa saja betah.

Apalagi di tengah kesunyian, suara aliran Curug Batu Templek terdengar begitu merdu. Bak nyanyian alam, suara ini diiringi dengan cuitan burung dan hewan malam yang merupakan penghuni tetap kawasan tersebut.

Panjat Tebing

Tidak banyak air terjun yang bisa digunakan untuk aktivitas panjat tebing. Bahkan mungkin kamu tidak menemukannya di Bandung, kecuali air terjun yang kita bahas kali ini. Karena bekas galian tambang, banyak guratan yang bisa dijadikan sarana memanjat.

Tentunya untuk melakukan aktivitas ini harus didampingi dengan ahli. Untungnya pengelola di sini sudah menyiapkannya, jadi kamu hanya perlu menyiapkan keberanian. Dinding tebing yang memiliki tinggi sekitar 50 meter tentu bisa memacu adrenalin.

Menikmati Pesona Alam

Jika kamu tidak ingin melakukan apa-apa ketika berkunjung ke sini, menikmati pesona alam sepertinya menarik. Meski termasuk aktivitas pasif, namun dari segi manfaatnya cukup besar. Katakanlah untuk menenangkan pikiran dan dijadikan sarana healing.

Indahnya batu yang begitu eksotis mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Belum lagi ketika aliran air terlihat begitu deras dan indah. Seperti tirai yang membentang, begitulah gambaran sederhana dari pesonanya yang memukau.

Kesimpulan

Ada banyak sekali objek wisata yang ada di Bandung, Curug Batu Templek adalah salah satunya. Mengunjungi tempat ini dijamin tidak akan rugi, meski kamu berasal dari jauh. Lelahnya perjalanan secara otomatis terobati ketika tiba di lokasi wisata.