Curug Tilu Leuwi Opat, Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk

Butonrayanews.co.id – Curug Tilu Leuwi Opat merupakan objek wisata alam yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Mengunjungi tempat ini dijamin tidak akan rugi karena banyak pesona yang didapatkan. Rasa penat dan lelah yang sebelumnya hinggap pun seketika hilang.

Mengisi liburan bisa ke mana saja, asalkan ada nilai positif di dalamnya. Selain mengunjungi wisata hiburan, yang mana banyak permainan seru, alam juga tidak kalah menarik dikunjungi. Keindahannya mampu menghipnotis siapa saja dengan daya tarik yang dimiliki.

Curug dalam bahasa lokal berarti air terjun, artinya objek wisata kali ini berupa air yang jatuh dari ketinggian. Bisa kamu bayangkan bagaimana indahnya pemandangan di sana. Belum lagi vegetasi hijau dari pepohonan yang selalu menyejukkan mata.

Nama Curug Tilu Leuwi Opat sendiri tidak lepas dari kondisi objek wisata ini. Curug Tilu artinya adalah tiga air terjun, sedangkan Leuwi Opat yakni empat sungai. Jika diartikan, maka didapatkan pengertian tiga air terjun dan empat sungai.

Nama ini sengaja diambil karena memang pada dasarnya dalam satu objek wisata terdapat semua yang disebutkan tadi. Masing-masing menawarkan keindahan yang berbeda, curug nya pun memilki karakteristik dengan keunikan tersendiri.

Daya Tarik Curug Tilu Leuwi Opat

Tempat wisata di Bandung yang kita bahas kali ini masih tidak terlalu ramai. Ini dikarenakan lokasinya yang lumayan jauh, untuk menempuhnya butuh perjalanan panjang. Meski demikian, perjuangan yang dilakukan akan terbayar dengan daya tariknya.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Bandung Yang Lagi His & Instagramable 2022

Curug Citulang

Daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat yang pertama datang dari air terjun yang dinamakan Curug Citulang. Suasana tenang dan nyaman langsung didapatkan ketika kamu berada di sini. pepohonan rindang dan kesunyian begitu terasa, cocok dijadikan aktivitas healing.

Curug Aseupan

Curug Aseupan merupakan daya tarik berikutnya yang tergolong unik. Keunikan yang dimaksud yakni dari bentuknya yang mirip aseupan. Perlu diketahui, aseupan merupakan nama dari alat cetak tumpeng yang bentuknya mengerucut.

Curug Cilaki

Berikutnya ada Curug Cilaki, air terjun ini tergolong yang paling lebar, namun ketinggiannya paling rendah. Aliran airnya lumayan deras, sehingga tampak dari kejauhan mirip tirai yang indah. Dengan kolam indahnya, curug ini seringkali dijadikan tempat berenang wisatawan.

Leuwi Bagong

Bukan hanya dari air terjun, Curug Tilu Leuwi Opat memiliki sungai yang juga menjadi daya tariknya. Sungai yang paling mudah dijangkau dengan keindahan alamnya yakni Leuwi Bagong. Aliran airnya tidak begitu deras sehingga kolamnya jernih menampakkan pesonanya.

Leuwi Baeud

Tidak jauh dari sungai pertama, kamu akan menemukan Leuwi Baeud yang tidak kalah indahnya. Sungai ini memiliki aliran air yang lumayan deras, kedalamannya mencapai 20 meter. Maka dari itulah wisatawan yang datang tidak diperbolehkan berenang di sini.

Leuwi Kacapi

Rangkaian sungai berikutnya dinamakan Leuwi Kacapi. Jika sebelumnya cukup dalam, kali ini tidak demikian. Pesona utama dari sungai ini terletak pada undakan yang cantik. Undakan ini dialiri air yang jernih sehingga terlihat batuan di belakangnya.

Leuwi Geuntong

Jika kamu tahu apa yang dimaksud gentong, pastinya bisa membayangkan bentuk dari salah satu daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat ini. Dinamakan Leuwi Gentong karena bentuknya berupa cekungan. Kedalamannya sekitar 1 hingga meter, cocok dijadikan tempat berenang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju objek wisata alam dengan segala daya tariknya ini, silahkan menuju ke Ciwangun Indah Cp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung, Jawa Barat. Jarak dari pusat Bandung hanya sekitar 18 kilometer dan membutuhkan waktu 40 menit berkendara.

Baca Juga :   10+ Tempat Wisata di Garut yang Lgi Hits Dan Paling Terkenal 2022

Bagi warga luar Bandung atau yang tidak mengetahui lokasi persis nya, silahkan menuju ke Jalan Jawa apabila titik awal keberangkatan dari pusat Bandung. Kemudian melewati Jalan Watsukencana, Jalan Cihampelas, Jalan Prof Eyckman, dan Jalan Cipaganti.

Tujuan perjalanan berikutnya yakni ke Jalan Sersan Bajuri, lalu dilanjutkan ke Jalan Kolonel Masturi. Setelah tiba di Jalan Mawar, manfaatkan petunjuk jalan yang telah disediakan. Bagi yang memulai keberangkatan di titik lain, gunakan Google Maps atau aplikasi GPS.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Harga tiket masuk Curug Tilu Leuwi Opat tidak begitu mahal dibandingkan dengan wisata berupa wahana. Cukup dengan dana 10.000 rupiah per orang, kamu bisa menikmati segala keindahan dan panorama alam yang disajikan.

Harga tersebut berlaku untuk semua air terjun dan sungai yang dibahas diatas. Tambahan biaya lain yang dibutuhkan yakni dari retribusi parkir. Pastinya tidak mahal, karena kamu hanya butuh uang 3.000 rupiah jika membawa sepeda motor, atau 5.000 untuk mobil.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Selain mengetahui daya tarik, mengunjungi objek wisata juga harus mempertimbangkan aktivitas yang bisa dilakukan. Banyak tempat yang menawarkan keindahan, namun minim aktivitas sehingga membuat liburan jadi membosankan.

Tracking Menuju Lokasi

Karena lokasi Curug Tilu Leuwi Opat dari tempat parkir lumayan jauh, maka aktivitas pertama yang wajib dilakukan yakni tracking menuju lokasi. Bagi yang suka tantangan, aktivitas ini sangat mengasyikkan dan tentunya menarik.

Apalagi sepanjang perjalanan ditemani dengan keindahan alam dari vegetasi hijau. Sawah milik warga pun tidak mau ketinggalan menampakkan keindahannya. Sementara sedikit masuk ke kawasan hutan, kerapatan pohon dan kicauan burung semakin meriuhkan suasana.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Populer 2022

Bermain Air dan Berenang

Meski tidak semua curug dan sungai dapat dijadikan aktivitas berenang atau bermain air, namun masih ada sebagian yang bisa. Silahkan pilih lokasi yang cocok untuk aktivitas ini, namun tetap memperhatikan rambu dan larangan yang dibuat pengelola.

Hampir semua orang tidak bisa menahan diri ketika melihat air terjun dan sungai. Rasanya ingin membasahi diri meskipun suasana di Curug Tilu Leuwi Opat cukup dingin. Airnya begitu jernih dan menyegarkan, bisa jadi kamu lupa waktu ketika berenang.

Camping

Selanjutnya adalah camping, aktivitas ini cocok bagi pecinta alam atau mereka yang ingin hidup bebas di alam terbuka. Meski hanya sementara, sensasi camping di sini sangat berbeda dibandingkan di tempat lain.

Pada umumnya, camping dilakukan di pegunungan atau perbukitan dengan pemandangan indah di bawahnya. Tidak demikian kali ini, karena area camping yang disediakan tidak jauh dari lokasi curug dan leuwi, jadi suara gemuruh dan aliran air masih terdengar.

Berburu Spot Foto

Pergi berlibur sepertinya belum lengkap apabila tidak mengabadikan momen dengan aktivitas fotografi. Apalagi Curug Tilu Leuwi Opat memiliki keindahan yang hampir sempurna. Aliran air terjun yang cantik dan sungai dengan batuan eksotis misalnya.

Keduanya cocok dijadikan latar belakang foto yang indah. Tidak perlu menjadi profesional untuk mendapatkan jepretan terbaik, kamu hanya perlu sedikit berpose supaya lebih estetik. Hasil foto dijamin layak dipublikasikan di media sosial untuk sekedar pamer.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mengunjungi objek wisata di Bandung berupa air terjun. Curug Tilu Leuwi Opat memiliki daya tarik yang mengagumkan, banyak juga aktivitas yang dapat dilakukan. Namun pastikan membawa perbekalan yang cukup karena saat ini masih minim fasilitas.