Pantai Duta, Keindahan Laut Berbalut Hutan Mangrove & Cemara

Butonrayanews.co.id – Probolinggo selalu bisa memanjakan wisatawan yang berkunjung dengan objek wisata yang dimiliki. Gunung Bromo dan Pulau Gili Ketapang pastinya tidak asing bagi kamu. Selain itu, masih ada lagi wisata bernama Pantai Duta yang tidak kalah menarik untuk dibahas.

Mengunjungi objek wisata sesekali diperlukan untuk mengisi waktu liburan. Tujuan lain yaitu untuk refreshing dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Bahkan saat ini berwisata dijadikan tujuan untuk membuat konten di media sosial.

Apapun tujuan dari mengunjungi objek wisata, mengetahui daya tarik sangat penting. Ini dilakukan supaya kamu mendapatkan sedikit gambaran mengenai situasi yang ada. Dengan demikian, kamu tidak terlalu kecewa jika ternyata kondisinya tidak sesuai ekspektasi.

Kali ini kita akan mengupas lebih mendalam mengenai salah satu tempat wisata bahari di Probolinggo. Pantai Duta berlokasi tidak jauh dari PLTU Paiton yang merupakan Landmark dari kabupaten Probolinggo. Untuk menjangkaunya pun dijamin tidak sulit.

Pantai cantik ini tidak pernah sepi pengunjung, saat liburan akan semakin ramai. Bukan hanya lokasinya yang mudah dijangkau, namun juga ada banyak pesona yang dapat disaksikan. Selain itu, tidak sedikit aktivitas yang dapat dilakukan selama berkunjung.

Daya Tarik Pantai Duta

Membahas mengenai daya tarik, tentu semua tidak lepas dari panorama lautan yang begitu indah. Namun faktanya, ada banyak hal lain yang menjadi alasan banyaknya pengunjung yang berdatangan, berikut sebagian diantaranya!

Pesona Hutan Mangrove

Ciri khas yang sekaligus menjadi daya tarik Pantai Duta yakni dari adanya hutan mangrove yang hampir mengelilingi kawasan pantai. Adanya tanaman mangrove ini karena memang sebagai tempat konservasi, tujuannya untuk menahan abrasi.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Populer 2022

Berbeda dengan pantai lain pada umumnya, keberadaan hutan mangrove ini menjadikan pemandangan lebih hijau. Pandangan pun tidak hanya disajikan birunya air laut dan ombak, namun juga suasana asri dan menyejukkan.

Udaranya tidak kering karena terhalau oleh rimbunnya tanaman yang disebut juga sebagai bakau ini. Soal kualitas oksigen pun tidak perlu diragukan lagi, pastinya sangat bersih. Hutan ini seringkali dijadikan tempat untuk berteduh atau berburu spot foto cantik.

Pantai dengan Karakter Ombak Tenang

Daya tarik Pantai Duta selanjutnya yakni dari karakteristik ombaknya yang tenang. Memang ada banyak pantai yang ditemui di Probolinggo, namun sebagian ombaknya besar. Pantai dengan ombak besar pada umumnya tidak cocok untuk dijadikan lokasi berenang.

Wajar saja jika karakteristik ombak tenang merupakan salah satu daya tariknya. Pasalnya, kamu bebas berenang di titik mana saja sesuai keinginan. Tetapi tetap harus memperhatikan keselamatan, karena untuk kedalamannya tidak bisa diprediksi.

Teduhnya Hutan Cemara

Bukan hanya hutan mangrove yang menjadi daya tarik dan sekaligus menyejukkan suasana, hutan cemara pun ada di sini. Dari kejauhan terlihat begitu indah dengan deretan yang rapi. Karena termasuk pohon berukuran besar, suasananya pun semakin teduh.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan di sini, mulai dari bersantai sabil menikmati pemandangan alam hingga piknik merasakan keteduhan alami. Apalagi pengelola menyediakan gazebo dan tempat duduk sehingga semakin mendukung aktivitas tersebut.

Tempat Menyaksikan Sunset

Satu lagi daya tarik Pantai Duta yang tidak boleh dilewatkan yakni keindahan matahari tenggelam. Maksudnya, pantai ini menyajikan fenomena alam di sore hari dari keindahan sunset yang mempesona. Ini dikarenakan tidak ada penghalang apapun yang menutupi.

Ketika sore hari, matahari yang pulang dari peraduan perlahan mulai menampakkan keindahannya. Warna khas orange yang berpadu dengan birunya langit semakin membuatnya terlihat eksotis. Memandangnya bisa lupa waktu, tiba-tiba gelap begitu saja.

Baca Juga :   Curug Tilu Leuwi Opat, Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk

Meski sebagian besar pantai memiliki pesona alam ini, namun sepertinya tidak seindah ketika berada di pantai eksotis ini. Alasannya karena posisi, pantai ini membujur ke selatan dan utara sehingga matahari tenggelam tepat berada di depan garis horizon lautan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Kabupaten Probolinggo dikenal dengan garis pantai yang panjang, Pantai Duta hanya salah satu diantaranya. Untuk mengunjungi objek wisata ini pun tidak terlalu sulit, karena lokasinya tidak jauh dari gugusan pantai lain yang ada di sekitarnya.

Selain itu, dikatakan tadi bahwa lokasinya tidak jauh dari PLTU Paiton, kamu bisa menjadikannya sebagai patokan utama. Alamatnya sendiri berada di Dusun Gilin, Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Dari Alun-alun Probolinggo berjarak sekitar 37 kilometer dengan waktu tempuh selama 1 jam lebih. Rute terbaik yaitu melalui Jalan Panglima Besar Jenderal Sudirman, kemudian menuju Alun-alun Kraksaaan.

Dari titik ini, lanjutkan perjalanan sekitar 8 kilometer, lalu ke Jalan Dusun Krajan 2. Kurang lebih 1 kilometer ada pertigaan, ambil arah kanan ke Jalan Randu Tatah. Lurus terus sekitar 1 kilometer lagi sampai menemukan pertigaan, lokasi wisata tujuan sudah di depan mata.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Duta tergolong murah dan terjangkau sehingga tidak menguras kantong. Cukup siapkan dana sebesar 5.00 rupiah per orang, kamu bisa menikmati keindahan alam yang disajikan. Ajak orang terdekat untuk berbagi pengalaman seru selama liburan.

Tambahan biaya dibutuhkan untuk tiket parkir kendaraan, itu jika kamu datang membawa kendaraan pribadi. Bagi yang membawa sepeda motor, siapkan uang 5.000 sebagai ganti sewa lahan parkir. Sedangkan mobil sebesar 10.000 rupiah di lokasi parkir yang sama.

Baca Juga :   Curug Dago, Air Terjun Cantik di Bandung dengan Peninggalan Sejarah

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ada banyak hal seru yang dapat kamu lakukan selama berada di pantai indah ini. Mungkin kamu menganggap bahwa kegiatan hanya berhubungan dengan air laut. Tentunya tidak, karena ada aktivitas lain yang tidak kalah seru.

Berenang dan Bermain Air

Tentu saja aktivitas pertama yang paling menarik dilakukan adalah berenang dan bermain air. Ombak laut yang begitu tenang semakin mendukung aktivitas ini. Memang untuk airnya tidak begitu menyegarkan dibandingkan kolam di pegunungan, tetapi dijamin seru dan asyik.

Menikmati Pesona Sunset

Hampir setiap pantai yang ada di Indonesia cocok dijadikan tempat menunggu indahnya sunset, termasuk Pantai Duta. Cerahnya matahari yang semula berwarna kuning perlahan berubah menjadi orange. Begitu indah ketika berpadu dengan awan biru di langit.

Berburu Spot Foto

Alam yang begitu indah pastinya sayang jika hanya dilewatkan begitu saja. Ada baiknya kamu mengabadikan momen ketika berada di sini. Spot terbaik yaitu hutan mangrove, latar belakang foto pun tampak hijau berseri. Kamu tinggal sedikit berpose untuk mendapatkan hasil terbaik.

Berkeliling Hutan Mangrove

Tidak hanya berfoto, hutan bakau yang membuat pemandangan semakin asri juga layak ditelusuri. Untuk aktivitas ini, pengelola menyediakan jembatan yang terbuat dari kayu sebagai akses jalan. Kamu bisa melihat rimbunnya bakau yang terkadang ada burung bertengger.

Kesimpulan

Keindahan Pantai Duta dapat dilihat dari daya tarik yang dimiliki. Setelah menyimak semua ulasan diatas, ada kemungkinan kamu akan berkunjung ke lokasi. Oleh sebab itu, silahkan pilih waktu terbaik, ajak juga orang terdekat untuk mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan.