Pantai Pandansimo, Pesona Indah dengan Daya Tarik Kincir Angin

Butonrayanews.co.id – Pantai Pandansimo, mungkin kamu masih asing mendengar nama dari objek wisata ini. Memang saat ini masih sepi pengunjung, namun bukan berarti tanpa keindahan di dalamnya. Pantai ini begitu cantik dan sayang sekali jika dilewatkan.

Justru suasana sepi di sini menjadi salah satu daya tariknya, dimana mereka yang datang bertujuan untuk healing dan refreshing pikiran yang sedang lelah. Sunyi sepinya objek wisata ini selalu ditemani dengan hembusan semilir angin yang datang dari lautan lepas.

Namun bukan berarti tidak ada pengunjung sama sekali, mungkin ada puluhan yang kamu temukan ketika datang ke sini. Di hari libur akan lebih banyak lagi yang datang, baik dari kalangan keluarga atau pasangan yang sedang memadu kasih.

Dikatakan sepi yang dimaksud jika Pantai Pandansimo dibandingkan dengan objek wisata pantai lain yang ada di Bantul, Yogyakarta. Misalnya saja Pantai Parangtritis dan Pantai Glagah yang mungkin sudah pernah kamu kunjungi.

Keindahan pantai ini bisa dikatakan menyeluruh, mulai dari pasir, air laut, hingga batuan karang yang tersebar di beberapa titik. Pasir di sini tidak seperti pantai yang ada di Jogja pada umumnya, warnanya sedikit kecokelatan.

Daya Tarik Pantai Pandansimo

Mengunjungi pantai yang ada di nusantara tidak pernah membosankan, meski ada banyak sekali yang ditemukan. Ini dikarenakan masing-masing memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri. Untuk daya tarik Pantai Pandansimo, berikut ulasan dari kami!

Keindahan Pantai Pandansimo

Daya tarik yang tidak boleh terlewatkan adalah pesona dan keindahan pantai secara keseluruhan. Mengunjungi tempat wisata di Jogja ini tidak pernah jenuh karena ada banyak pemandangan yang dapat disaksikan.

Baca Juga :   Pantai Parangendog, Keindahan Sunset Diatas Bukit Eksotis

Pasir dengan warna cokelat memiliki tekstur lembut, biasanya digunakan untuk bermain sambil menghabiskan waktu. Ada juga pengunjung yang menggunakannya sebagai terapi sambil berjalan, karena terdapat cangkang kerang kecil yang bercampur.

Tidak seperti pantai pada umumnya yang terkesan kering, di sini justru terasa sejuk dan menyegarkan. Hal ini dikarenakan adanya pohon cemara yang berjejer rapi di sepanjang tepi jalan. Pohon ini sekaligus menjadi payung alami dan digunakan sebagai tempat berteduh.

Keindahan Pantai Pandansimo semakin sempurna dengan adanya ombak yang berkejaran menuju tepi. Ombak di sini cukup besar, sebagaimana ombak Pantai Selatan. Kicauan burung tidak lupa semakin membuat suasana liburan semakin meriah.

Kincir Angin Raksasa

Daya tarik yang belum tentu dimiliki pantai lain yakni adanya kincir angin raksasa. Sebelumnya memang tidak ada, namun mahasiswa UGM yang dibantu Kementerian Riset dan Teknologi berhasil membuatnya.

Bukan digunakan untuk pemandangan, namun sebagai pembangkit listrik tenaga angin yang hasilnya disalurkan pada rumah warga sekitar. Tetapi karena keunikan nya, tidak jarang wisatawan yang menjadikannya sebagai objek foto.

Kincir angin ini mampu menghasilkan 10 kilowatt dalam sehari. Artinya, hasil tersebut lebih dari cukup untuk menerangi kawasan di sekitarnya. Untuk menjangkaunya dari lokasi wisata utama memang lumayan jauh, tapi kamu bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.

Wahana Outbound

Pantai Pandansimo tidak hanya memiliki pemandangan indah dan keunikan dari adanya kincir angin raksasa. Selain itu, masih ada wahana outbound yang menarik dibahas. Wahana seperti ini tidak banyak ditemui di kawasan pantai.

Hanya di kawasan yang memiliki bentangan bibir pantai luas saja yang memilikinya. Wahana yang dimaksud diantaranya adalah ATV, cocok digunakan untuk memacu adrenalin. Ada juga tunggang kuda yang bisanya diminati anak-anak.

Baca Juga :   Puri Anom Tabanan, Objek Wisata di Bali yang Sarat dengan Makna

Bukan berarti usia dewasa tidak boleh, ada kuda besar yang memang dikhususkan bagi usia tersebut. Karena pantai ini tidak disarankan untuk dijadikan lokasi berenang, pengelola menyediakan wahana kolam renang khusus di sebelahnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Pandansimo merupakan salah satu gugusan pantai cantik yang ada di Jogja. Daya tarik yang disebutkan membuat siapa saja ingin berkunjung. Apalagi lokasinya tidak jauh dari pantai lain yang cukup populer, seperti Pantai Kuwaru misalnya.

Alamat objek wisata ini berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Jarak dari Tugu Jogja sekitar 30 kilometer, kamu bisa menempuhnya selama 1 jam dengan kecepatan kendaraan rata-rata.

Rute terbaik yakni melalui Jalan Bantul yang mengarah ke Taman Paseban. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan KH Wachid Hasyim, kemudian ke Jalan Srandakan. Ikuti sepanjang jalan ini hingga menemui Bundaran Srandakan, lalu belok kiri.

Posisi kamu saat ini berada di Jalan Pandansimo, terus ikuti jalan utama hingga tiba di Dusun Babakan. Dari sini, kamu bisa mengikuti papan petunjuk atau bertanya langsung pada warga sekitar. Bisa juga menggunakan aplikasi GPS jika kamu masih belum mengenal medan nya.

Harga Tiket Masuk

Selanjutnya kita bahas harga tiket masuk Pantai Pandansimo supaya kamu bisa menyiapkan dari awal. Untuk mendapatkan pengalaman seru selama liburan tentu tidak gratis, ada biaya yang harus dibayar meskipun sebenarnya tidak mahal.

Harga tiket masuk yang berlaku saat ini adalah 5.000 rupiah untuk satu orang. Tambahan biaya dari retribusi parkir, cukup sediakan 5.000 jika datang membawa sepeda motor. Sedangkan jika kamu menggunakan mobil, tiket parkir yang berlaku sebesar 10.000.

Baca Juga :   Bukit Karang Gunung Kidul, Pesona Sunset dan Pantai Indrayanti

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Pantai Pandansimo tidak hanya memiliki daya tarik yang perlu kamu ketahui. Berbagai aktivitas seru pun bisa dilakukan di sini. Meski tidak bisa digunakan untuk berenang, namun kamu bisa melakukan kegiatan berikut sebagai gantinya!

Mengendarai ATV

Salah satu wahana yang paling laris karena memang seru yakni ATV. Terlebih, kamu belum tentu menemuinya jika berkunjung ke pantai lain. Mengendarai ATV dengan medan pasir tentunya tidak mudah. Butuh keseimbangan supaya tidak jatuh tergelincir.

Wisatawan yang merasa tertantang tentu ingin mencobanya. Lintasannya cukup panjang, sepanjang bibir Pantai Pandansimo yang membentang. Namun perlu kamu ketahui, wahana ini tidak termasuk tiket masuk, jadi kamu perlu biaya tambahan.

Wisata Kuliner

Kegiatan lain yang dijamin seru yakni wisata kuliner. Karena sebagian besar warga di sini berprofesi sebagai nelayan, maka sajian makanan pun tidak jauh dari ikan laut. Anggap saja seafood, kamu bisa berburu berbagai olahan masakan ikan segar dengan harga terjangkau.

Memancing

Bagi yang hobi memancing, kamu bisa menyalurkan hobi tersebut sambil liburan. Mengingat ombak pantai yang cukup besar, maka aktivitas ini tidak dilakukan di laut. Ada spot khusus yang digunakan untuk memancing, kamu hanya perlu menyiapkan peralatan sendiri dari rumah.

Belanja Ikan Segar

Kalangan keluarga yang datang ke sini biasanya menyempatkan diri untuk berbelanja ikan segar. Ikan ini langsung didapatkan dari nelayan lokal, kemudian disalurkan di pengepul melalui tempat pelelangan ika. Soal harga dijamin bersaing, karena penyaluran masih dari satu tangan.

Kesimpulan

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Pantai Pandansimo, sebuah objek wisata bahari di Jogja dengan daya tarik mempesona. Sayang sekali jika kamu berkunjung sendiri, sebaiknya mengajak orang terdekat untuk berbagi keindahan yang dimiliki.