Pantai Parangendog, Keindahan Sunset Diatas Bukit Eksotis

Butonrayanews.co.id – Pantai Parangendog merupakan destinasi wisata bahari di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Meski lokasinya cukup dekat dengan Pantai Parangtritis, namun dalam hal pesonanya jauh berbeda. Misalnya saja untuk pasirnya, di sini warnanya kecokelatan.

Seperti yang diketahui, Pantai Parangtritis memiliki pasir hitam yang akan berkilau ketika terkena cahaya matahari. Keduanya indah dan memiliki daya tarik masing-masing. Karena alasan inilah hingga saat ini kedua pantai tersebut tidak pernah sepi pengunjung.

Namun khusus kali ini, kita hanya akan membahas mengenai Pantai Parangendog. Nama pantai ini berasal dari adanya batuan yang tersusun dengan bentuk bulat seperti telur. Parangendog terdiri dari dua kata, yaitu parang dan endog.

Parang adalah batu karang jika diartikan dalam bahasa Indonesia. Sedangkan Endog yaitu telur, ini dikarenakan bentuknya yang mirip. Jadi jika diartikan secara keseluruhan, yaitu sebuah pantau yang terdapat batu karang berbentuk telur.

Tentunya bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik sehingga selalu dikunjungi wisatawan. Masih ada banyak lainnya yang perlu kamu ketahui, sebagian besar berupa keindahan alamnya yang mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Daya Tarik Pantai Parangendog

Untuk membahas lebih lanjut mengenai daya tarik, kamu bisa menyimak penjelasan di bawah nantinya. Sebagian mungkin ditemui di tempat lain yang memiliki kategori wisata yang sama, yakni pantai.

Keindahan Pantai Parangendog

Alasan utama pengunjung berdatangan yakni karena pesona indah Pantai Parangendog itu sendiri. Air lautnya berwarna biru jernih begitu memanjakan mata. Tampak gulungan ombak dari jauh dan mendekati garis pantai semakin menambah keindahannya.

Baca Juga :   Pura Segara Ulun Danu Batur Pura Dengan Pesona Keindahan Alam

Batuan karang besar yang sekaligus menjadi ikon tidak pernah luput dari pandangan mata. Sementara batu kecil berhamburan hampir di setiap sudut pantai. Karang kecil ini menjadikan pemandangan semakin eksotis, tidak jarang yang menjadikannya sebagai objek foto.

Berbeda dengan Pantai Parangtritis yang ada di sebelahnya, pasir yang membentang di sini lebih kecokelatan. Namun tetap saja dalam hal tekstur sama, lembut dan tidak begitu terasa ketika diinjak. Berjalan tanpa alas kaki pun tidak masalah sambil terapi kesehatan.

Ukuran Pantai Parangendog juga tergolong besar, jadi tidak perlu pusing mencari tempat meski saat itu banyak pengunjung yang datang. Kamu bisa leluasa mencari tempat yang kosong untuk setiap aktivitas yang ingin dilakukan.

Dikelilingi Perbukitan

Bagi yang sering mengunjungi pantai di Gunung Kidul tentu tidak kaget jika sebagian besar terdapat bukit yang menjulang tinggi. Maksudnya, sebagian besar pantai di sana dikelilingi perbukitan nan elok, sangat memanjakan mata tentunya.

Ini juga berlaku bagi objek wisata yang kita bahas kali ini, indahnya bukit selalu menemani setiap pandangan. Bebatuan kokoh yang di sekitarnya ditumbuhi pohon perdu tampak mempesona. Dari kejauhan, tebing di Pantai Parangendog mirip seperti lumut yang menempel di batu.

Dari segi udaranya terasa cukup sejuk, berbeda dengan di pantai pada umumnya yang kering. Apalagi kalau bukan karena bukit yang menghalau udara yang datang dari perkotaan. Terlebih vegetasi hijau menyerap polusi sebelum akhirnya kamu rasakan.

Tempat Melihat Sunset

Meskipun banyak pantai yang ada di nusantara, namun tidak semuanya bisa dijadikan tempat untuk melihat pesona matahari tenggelam. Hanya pantai yang membujur ke arah selatan dan utara saja yang menampakkan keindahan alam harian tersebut.

Baca Juga :   Waterboom Sidembunut, Destinasi Wisata Air Yang Cantik Khas Desa

Beruntung sekali jika kebetulan kamu datang ke sini pada sore hari, karena indahnya sunset bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Kilauan cahaya yang kuning terang semakin meredup berganti orange. Pantulan dari awan putih tampak indah, suasana pun semakin syahdu.

Jika kamu berniat mengunjungi Pantai Parangendog dengan alasan ini, usahakan tidak datang sendiri. Sayang sekali jika panorama alam yang begitu indah tidak dibagikan kepada orang terdekat. Kamu bisa mengajak sahabat, teman dekat, keluarga, atau kekasih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Mengunjungi objek wisata berupa pantai tidaklah sulit, karena pada umumnya berada di kawasan pesisir. Kalaupun butuh perjalanan tidak terlalu panjang, hanya beberapa menit dari tempat parkir. Untuk kali ini kamu perlu ke Girijati, Purwosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Dari pusat Jogja membutuhkan waktu sekitar 50 menit, cukup lama memang. Lama waktu tersebut dibutuhkan untuk menempuh jarak 35 kilometer. Jika belum pernah ke sini, kamu bisa menggunakan Pantai Parangtritis sebagai patokan utama.

Pantai Parangendog berada persis di sebelah timur pantai terkenal di Jogja tersebut. Kamu hanya perlu berjalan sebentar dari lokasi parkir. Untuk rute dari pusat Jogja, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau sejenisnya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ketika mengunjungi objek wisata pantai ini tidaklah mahal. Bahkan bisa dikatakan sangat murah karena hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5.000 rupiah. Dana tersebut untuk tiket masuk, belum termasuk biaya parkir.

Untuk parkir sendiri masih menggunakan kawasan Pantai Parangtritis. Biayanya pun tidak mahal untuk satu unit kendaraan. Bagi yang membawa sepeda motor, sisakan uang 2.000 rupiah, sedangkan mobil 5.000 rupiah dan dibayarkan ketika meninggalkan lokasi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Apa yang bisa dilakukan di Pantai Parangendog? Tentu ada banyak sekali, semua aktivitas dijamin seru. Tidak hanya untuk mengisi waktu, namun juga membuat liburan semakin berkesan dan tidak terlupakan.

Baca Juga :   Curug Tilu Leuwi Opat, Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk

Berenang dan Bermain Air

Karena berupa pantai, kamu bisa menghabiskan waktu dengan berenang. Meski demikian, tetap saja harus berhati-hati dan selalu mengikuti instruksi dari penjaga. Pasalnya, Pantai Selatan terkenal akan ombaknya yang besar dan mungkin membahayakan.

Jika kamu ingin lebih aman, ada baiknya bermain air di tepi pantai. Aktivitas ini memang tidak lebih seru dari berenang, namun lebih aman. Di sela-sela waktu, kamu bisa bermain pasir dan merasakan kelembutannya.

Memancing

Sebagian besar bibir Pantai Parangendog dipenuhi dengan batuan karang berbagai ukuran. Batu karang biasanya dijadikan tempat bersembunyi bagi banyak ikan. Tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan diri mencoba memancing di sini.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum tersedia tempat penyewaan alat pancing. Jadi jika kamu berniat, silahkan membawa peralatan sendiri dari rumah. Perihal umpan, silahkan membawa udang hidup atau pelet sebagaimana memancing di sungai.

Paralayang

Satu aktivitas yang belum tentu ditemui di tempat lain yaitu paralayang. Kamu bisa mencoba serunya olahraga ini, dijamin memacu adrenalin. Titik luncur langsung dimulai dari tebing tinggi menjulang, pemandangan indah pun di dapatkan.

Sepak Bola

Jika kamu datang bersama rombongan, atau dalam artian beramai-ramai, aktivitas seru yang dapat dilakukan adalah sepak bola. Perlu diketahui, sepak bola di medan pasir lebih berat daripada rumput. Meski melelahkan, kegiatan ini dijamin seru dan tidak akan terlupakan.

Kesimpulan

Pantai Parangendog hanyalah satu diantara gugusan pantai yang ada di Jogja. Memang untuk saat ini belum begitu ramai pengunjung dibandingkan pantai populer lainnya. Namun dengan pesona indah yang kita bahas tadi, tidak menutup kemungkinan suatu saat akan selalu padat pengunjung.