10+ Tempat Wisata di Garut yang Lgi Hits Dan Paling Terkenal 2022

Butonrayanews.co.id – Mencari tempat wisata di Garut tidaklah terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu tuju, baik untuk wisata wahana permainan, wisata alam, atau perpaduan antara keduanya.

Berwisata saat ini menjadi kebutuhan yang cukup penting. Tujuannya tergantung dari siapa yang melakukannya, namun kebanyakan adalah untuk mencari hiburan. Adapun yang biasanya mengisi waktu luang dilakukan mereka yang sudah berkeluarga.

Jika dilihat dari aspek jenis wisatanya, Garut bisa dikatakan cukup lengkap. Suasana alam yang masih asri menjadi salah satu daya tariknya. Memang sebagian besar masih alami berupa pegunungan dan perbukitan.

Menariknya, ini juga berlaku bagi wisata yang menyediakan wahana permainan dan juga waterboom. Memilih objek wisata harus selektif, apalagi jika anda datang dari jauh. Maka dari itu, penting sekali mengetahui beberapa hal yang terkait sebelum mengunjunginya.

Pada umumnya, wisatawan akan melihat daya tariknya terlebih dahulu. Jika memang sesuai dengan harapannya, biasanya dilanjutkan dengan melihat fasilitasnya. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba berbagi tempat wisata di Garut yang layak dikunjungi dari berbagai kategori.

Sabda Alam Waterpark

Sabda Alam Waterpark merupakan objek wisata yang memadukan antara keindahan alam dengan wisata air. Tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap hari dan akan bertambah ramai ketika hari libur. Wahana airnya cukup lengkap, diantaranya adalah water slider dan ember tumpah.

Selain menyediakan wahana permainan air, tempat wisata yang berlokasi di Rancabango ini juga menyediakan wahana darat. Adapun permainannya dijamin seru, seperti flying fox, trampoline, dan arena playground. Tidak perlu khawatir akan fasilitas, karena dijamin lengkap dan memadai.

Baca Juga :   Puri Anom Tabanan, Objek Wisata di Bali yang Sarat dengan Makna

Pantai Santolo

Tempat wisata di Garut selanjutnya yang layak dikunjungi adalah Pantai Santolo. Meski banyak pantai di tempat lain yang ditemukan saat ini, namun untuk kali ini memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk karakter pantau dengan ombak tenang, wisatawan diperbolehkan berenang.

Pasir putih nan lembut menjadi daya tarik selanjutnya. Garis pantainya pun cukup luas sehingga tidak perlu khawatir meski ramai pengunjung. Satu hal yang tidak dimiliki pantai di tempat lain yaitu lokasinya berada dekan dengan peluncuran roket milik LAPAN.

Kawah Puncak Darajat

Berikutnya ada Kawah Puncak Darajat yang cocok dijadikan tujuan utama ketika liburan tiba. Objek wisata di Garut ini berada di ketinggian dengan suasana asri dan alami. Sesuai namanya, ada tempat pemandian air panas dari saluran kawah pegunungan.

Bukan hanya itu saja, wahana air juga lengkap tersedia untuk memanjakan pengunjung. Di dalam kawasan kolam terdapat water slider, kolam arus, ember tumpah, dan masih banyak lainnya. Kamu cukup menuju ke Kecamatan Pasirwangi apabila tertarik berkunjung.

Pantai Puncak Guha

Banyak sekali pantai sebagai tempat wisata di Garut. Selain Pantai Santolo, ada lagi Pantai Puncak Guha dengan keindahan alam yang menakjubkan. Memang saat ini tidak terlalu ramai pengunjung karena akses jalan yang kurang memadai.

Pantai di Kecamatan Caringin ini cukup tersembunyi sehingga alamnya masih perawan. Selain menawarkan pesona deburan ombak dan pasir putih, wisatawan dapat melihat rangkaian perbukitan nan elok persis di tepi pantai.

Situ Bagendit

Dalam bahasa Sunda, Situ adalah sebuah danau yang cukup luas. Jadi jelas sudah bahwa Situ Bagendit merupakan objek wisata di Garut yang menyediakan pemandangan danau dengan airnya yang sangat tenang. Di sekitar danau terdapat deretan pohon yang menjadikannya asri.

Baca Juga :   Pantai Parangendog, Keindahan Sunset Diatas Bukit Eksotis

Tempat ini biasanya dijadikan alternatif tujuan bagi keluarga yang ingin irit dalam menikmati liburan. Bagaimana tidak, kamu cukup menyediakan dana 5.000 rupiah per orang jika ingin berkunjung. Tambahan biaya hanya dari parkir kendaraan dan wisata kuliner di sekitar lokasi.

Candi Cangkuang

Wisata sejarah saat ini memang kurang diminati karena banyaknya wisata alam dan permainan. Namun bukan berarti kita harus mengabaikan begitu saja. Ada baiknya memulai dari sekarang mengenal sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia.

Salah satu jalannya adalah dengan mengunjungi tempat wisata di Garut seperti Candi Cangkuang. Lokasinya yang berada diatas ketinggian menjadikan suasananya alami dan terasa menyegarkan. Di sepanjang jalan dipenuhi pedagang, kamu bisa membeli untuk oleh-oleh.

Pantai Rancabuaya

Membahas masalah pantai di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Garut mempunyai deretan pantai indah dengan daya tarik masing-masing. Sama halnya dengan Pantai Puncak Guha, karakteristik pantai kali ini juga tenang hampir tanpa ombak.

Di sisi lain, pasir putihnya lumayan luas untuk dijadikan area bermain di alam terbuka. Tidak seperti pantai pada umumnya yang minim fasilitas, di sini ada banyak sekali fasilitas penunjang. Katakanlah toilet, gazebo, mushola, dan warung yang menjual makanan.

Curug Orok

Air terjun atau curug selalu menawarkan keindahan alam yang mempesona. Dari banyaknya tepat wisata di Garut yang berupa air terjun, Curug Orok pantas menjadi tujuan utama ketika sedang berlibur. Daya tarik utamanya dari ketinggian yang mencapai sekitar45 meter.

Suasana alamnya masih asri, banyak pepohonan liar yang mengelilingi. Uniknya, tidak hanya satu air terjun yang dapat disaksikan di sini, melainkan ada tiga. Air terjun utama adalah yang memiliki ketinggian 45 meter tadi, sedangkan dua lainnya tidak terlalu tinggi.

Baca Juga :   Pantai Pandansimo, Pesona Indah dengan Daya Tarik Kincir Angin

Wisata Kampung Naga

Saat ini banyak ditemui sebuah perkampungan yang dijadikan objek wisata. Kampung Naga adalah salah satu diantaranya yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang dimaksud adalah dari adat dan budaya nenek moyang yang sampai sekarang masih dipegang teguh.

Bayangkan saja, hampir tidak ada alat modern untuk berbagai keperluan mereka. HP, sepeda motor, televisi, dan barang lainnya merupakan suatu hal yang tabu. Bangunan rumah yang ada juga masih tradisional dengan atap ijuk dan dinding kayu.

Curug Sanghyang Taraje

Masih ada lagi tempat wisata di Garut yang berupa air terjun, namanya Curug Sanghyang Teraje. Kisah atau mitos curug ini menjadi daya tarik utamanya. Konon dahulu kala digunakan sebagai temapt mandi atau bersih diri para dewa yang turun dari langit.

Masyarakat setempat percaya bahwa kala itu terdapat tangga sebagai akses turunnya dewa dan dewi. Tidak jauh dari air terjun jua terdapat bekas telapak kaki yang dipercaya milik Sangkuriang. Sayangnya, telapak kaki ini tidak dapat dilihat oleh sembarang orang.

Kebun Mawar Situpaha

Bagi yang suka berburu spot foto, Kebun Mawar Situpaha menawarkan spot yang cantik dan menawan. Sesuai namanya, spot yang dimaksud adalah kebun dengan bunga bermekaran warna-warni. Menariknya lagi yakni lokasinya yang berada di tengah empat gunung.

Adapun gunung yang dimaksud yaitu Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Gunung Talaga Bodas. Wisatawan yang datang tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan kebun mawar, namun juga kuliner dan juga penginapan.

Bagaimana, apakah ada diantara tempat wisata di Garut diatas yang pernah kamu kunjungi? Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang cocok dijadikan tujuan berlibur. Tetapi daftar diatas rasanya cukup mewakili dan kami anggap yang terbaik.