10 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal Dan Instagramable

Butonrayanews.co.id – Hampir semua warga negara Indonesia mengetahui letak atau posisi Malioboro yang merupakan salah satu objek wisata di Jogja. Namun tahukah kamu bahwa tempat wisata di Jogja bukan hanya itu saja? Masih banyak lainnya yang perlu diketahui dengan daya tarik masing-masing.

Ketika liburan tiba, banyak sekali orang yang merencanakan pergi ke tempat wisata. Di Jogja sendiri tidak kurang objek wisata yang dapat dikunjungi. Kamu bisa memilih tempat sesuai tujuan berlibur, misalnya ke pantai untuk refreshing menjernihkan pikiran.

Jika ingin bersenang-senang dengan keluarga, kategori wisata yang pantas dikunjungi adalah wahana permainan. Mengagungi ciptaan dan karunia Tuhan bisa mengunjungi wisata alam. Pegunungan, perbukitan, dan air terjun adalah beberapa diantaranya.

Khusus untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas tempat wisata di Jogja yang dijamin seru. Beberapa diantaranya baru dibuka, mungkin belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Satu hal yang pasti, silahkan disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Pasalnya, ada sebagian tempat yang membutuhkan dana besar. Meski demikian, ada juga yang murah dan bahkan gratis tidak membutuhkan biaya sama sekali. Berikut ini adalah daftar objek wisata yang perlu kamu pertimbangkan jika dilihat dari daya tariknya.

Jalan Malioboro

Meski hampir semua orang mengetahui objek wisata Malioboro, namun belum tentu mereka mengetahui bahwa sebenarnya itu adalah sebuah nama jalan. Bukan sembarang jalan untuk kendaraan dan pejalan kaki tentunya, namun ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki.

Jalan Malioboro termasuk salah satu jalan terpanjang di Jogja. Jalan ini menyimpan banyak sejarah perjuangan warga Jogja di masa lalu. Mengunjungi tempat wisata di Jogja ini dijamin tidak akan membosankan karena banyak penjual di sepanjang jalan, termasuk penjual kuliner.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Populer 2022

Museum Gunung Merapi

Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Gunung Merapi. Berbeda dengan museum pada umumnya yang menyimpan banyak benda antik. Museum ini menyimpan sejarah tragedi erupsi Gunung Merapi sepanjang terjadinya, terutama di tahun 2009.

Kamu bisa melihat foto dokumentasi erupsi yang memakan banyak korban jiwa. Penampakan alam sebelum dan sesudah kejadian pun dapat disaksikan melalui foto dan video. Selain itu, ada juga kaya seni yang menjelaskan asal mula Gunung Merapi.

Pantai Parangtritis

Hingga saat ini, pantai masih menjadi favorit objek wisata bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan, karena banyak keindahan yang dapat disaksikan. Selain itu, aktivitas di pantai pun cukup beragam dan tidak pernah membosankan.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang cukup populer. Tempat wisata di Jogja ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Eksotisme gulungan ombak tinggi menjadi salah satu daya tariknya. Begitu juga hamparan pasi hitam yang membenang di sepanjang bibir pantai.

Keraton Yogyakarta

Mengunjungi objek wisata tentu bukan hanya bertujuan untuk bersenang-senang. Ada kalanya kita harus belajar sejarah dan mengenang perjuangan bangsa. Dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta, kamu bisa mendapatkan sensasi liburan yang menyenangkan.

Tempat ini mirip dengan museum, banyak sekali benda antik dan bersejarah yang dipajang. Selain itu, kamu bisa belajar bagaimana pemerintahan Jogja pada masa lalu. Meski dibuka untuk umum sebagai pariwisata, namun saat ini masih ditinggali oleh keturunan kerajaan .

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut adalah tempat wisata di Jogja yang menawarkan keindahan alam berupa air yang turun dari ketinggian. Ada banyak sekali objek wisata serupa di Indonesia, masing-masing memiliki karakteristik dari pesona alamnya yang indah.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Bandung Yang Lagi His & Instagramable 2022

Meski perjalanan menuju lokasi cukup berat, namun semuanya akan terbayar dengan pesonanya. Batuan alam yang menghiasi sekitar air terjun memberikan kesan eksotis. Kolamnya pun luas, cocok digunakan untuk berenang atau bermain air.

Pantai Depok Jogja

Selain Pantai Parangtritis yang populer, Jogja juga memiliki Pantai Depok. Meski namanya terkesan salah satu wilayah di Jawa Tengah, namun bukan berarti lokasinya berada di sana. Lokasi objek wisata ini tidak jauh dari Pantai Parangtritis, karena masih satu garis pantai.

Karena masih satu gugusan, pasir pantai nya pun sama berwarna hitam. Wisatawan yang datang bebas melakukan aktivitas apapun, selain berenang tentunya. Setelah puas bermain, silahkan lanjutkan dengan wisata kuliner dari olahan ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Taman Sari Jogja

Apabila kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Jogja yang murah, Taman Sari sepertinya cocok dijadikan tujuan utama. Bisa dikatakan bahwa objek wisata ini termasuk salah satu ikon Jogja, seperti halnya Tugu Jogja yang berada di tengah jalan.

Daya tarik dari objek wisata ini yakni dari informasi nilai sejarahnya, terutama pada masa Kesultanan Mataram. Selain itu, bangunan khas perpaduan desain Portugal dan Jawa juga menjadi keunikan tersendiri. Tidak jarang wisatawan yang menyempatkan diri mengabadikan momen.

Seribu Batu Songgo Langit

Belum ada yang cocok dari daftar objek wisata di Jogja yang disebutkan diatas? Seribu Batu Songgo Langit mungkin bisa dijadikan alternatif. Tempat ini menawarkan keunikan dari perpaduan antara wisata alam dengan wahana permainan.

Hutan pinus menjadi tempat dibangunnya objek wisata ini, suasana asri dan sejuk pun didapatkan. Selain melihat keindahan alam dari hutan pinus, kamu bisa menikmati wahana permainan yang disediakan, misalnya saja flying fox dan jembatan gantung.

Baca Juga :   Pasir Berbisik Gunung Bromo, Wisata Alam dengan Padang Savana

Pantai Indrayanti

Jogja memiliki banyak pantai yang indah dan eksotis. Selain yang disebutkan sebelumnya, Pantai Indrayanti tidak kalah cantik dengan pesona alamnya yang memukau. Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang luas, teksturnya sedikit lembut.

Daya tarik lain yakni dari air lautnya yang biru dan jernih. Di samping garis pantai terdapat bukit nan elok yang seolah membatasi antara satu pantai dengan pantai lainnya. Karena keindahannya, tempat wisata alam di Jogja ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bukit Mojo

Pantai, air terjun, dan objek wisata sejarah sudah kita bahas. Selanjutnya adalah tempat wisata yang sedang hits di Jogja, yakni Bukit Mojo. Sesuai namanya, tempat ini berada diatas ketinggian dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Selain memiliki daya tarik dari keindahan alamnya, tempat ini menyediakan berbagai spot foto cantik dan unik. Gardu pandang pun disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona alam sepuasnya. Bahkan jika beruntung, ada saatnya tempat ini tertutup kabut tipis yang eksotis.

Candi Borobudur

Pernah masuk dalam salah satu keajaiban dunia dan menjadi warisan dunia, sayang sekali apabila kamu belum mengunjungi Candi Borobudur jika bertandang di Jogja. Secara administratif, objek wisata ini memang berada di Magelang.

Meski demikian, jarak jika ditempuh dari Jogja tidaklah terlalu jauh. Bukan hanya wisatawan lokal yang memadati tempat ini, melainkan banyak juga turis asing. Apalagi kalau alasannya bukan dari daya tarik bangunan yang megah berupa stupa dan relief.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai tempat wisata di Jogja dari berbagai kategori. Tentunya masih banyak objek wisata lain yang dapat ditemukan. Daftar diatas hanya sebagian saja, namun sudah cukup mewakili dan bisa dijadikan alternatif liburan.