11 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Populer 2022

Butonrayanews.co.id Ingin mengunjungi Surabaya namun belum mengetahui objek wisata mana yang harus dituju? Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai tempat wisata di Surabaya yang lagi hits dan cocok dikunjungi semua kalangan.

Mengunjung objek wisata sangat menyenangkan untuk mengisi liburan. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki banyak sekali tempat yang menarik. Setiap daerah atau kabupaten pasti mempunyai objek wisata andalan.

Sebut saja Surabaya, kabupaten yang berjuluk Kota Pahlawan ini memiliki objek wisata dari berbagai kategori. Misalnya saja wisata sejarah, wisata alam, wahana permainan, dan pastinya tidak lupa kebun binatang yang sekaligus menjadi ikonnya.

Untuk mengunjungi salah satunya, tentu harus disesuaikan dengan tujuan liburan. Jika ingin mendapatkan ketenangan dengan refreshing, wisata alam sangat dianjurkan. Sebaliknya jika ingin bersenang-senang, mengunjungi wahana permainan lebih layak dilakukan.

Karena ada banyak sekali tempat wisata di Surabaya, bahkan jumlahnya mencapai puluhan, tidak menutup kemungkinan kamu akan bingung dalam memilihnya. Maka dari itu, berikut rekomendasi beberapa tempat yang perlu dijadikan bahan pertimbangan!

Surabaya North Quay

Temapt pertama yang patut dikunjungi adalah Surabaya North Quay. Di sini, kamu bisa menyaksikan kapal pesiar mewah yang sedang bersandar. Tempat ini memang berupa pelabuhan, lokasinya di Perak, namun saat ini disulap sedemikian rupa sebagai objek wisata.

Selain indahnya kapa pesiar yang ukurannya besar, di sisi lain terdapat kapal perang milik TNI angkatan laut yang bersandar tidak jauh dari lokasi. Bukan hanya itu saja yang menarik, keindahan matahari tenggelam cukup jelas terlihat apabila cuaca cerah.

Baca Juga :   Curug Batu Templek, Air Terjun di Bandung dengan Batu Tebing Eksotis

Taman Bungkul

Bagi warga Surabaya, Taman Bungkul merupakan ikon dan sekaligus kebanggaan. Bukan tanpa alasan kenapa tempat wisata di Surabaya ini selalu padat pengunjung, apalagi kalau bukan fasilitasnya. Di sini, kamu bisa mendapatkan Wifi dan air minum gratis.

Nama objek wisata ini diambil dari salah satu tokoh penyebar agama islam yang makamnya ditemukan tidak jauh dari lokasi. Tata kelola taman yang cantik menjadi daya tarik tersendiri. Adanya air mancur di tengah taman menambah kesan indah dan mengesankan.  

Monumen Kapal Selam

Dari kategori objek wisata edukasi, ada Monumen Kapal Selam yang biasanya menjadi rujukan wisata bagi pelajar. Sesuai namanya, daya tarik utama dari tempat ini tidak lain adalah kapal selam yang dulunya sempat menjadi kendaraan dan sekaligus senjata militer.

Barang peninggalan sejarah lain juga ditemukan, diantaranya adalah KRI Pasopati 410 yang dulunya sempat terlibat pada peristiwa Operasi Trikora. Untuk menambah wawasan, wisatawan juga dapat menyaksikan film pendek tentang pertempuran di Laut Aru.

Hutan Bambu

Hutan Bambu menjadi tempat wisata di Surabaya selanjutnya. Objek wisata alam ini selalu didatangi pengunjung, terlebih jika di hari libur. Persis seperti namanya, pemandangan utama yang dapat disaksikan di sini yakni hutan belantara yang berisi pohon bambu.

Tidak tanggung-tanggung, total luas lahan yang disediakan mencapai 40 hektare. Dengan luas ini, sejauh mata memandang dimanjakan dengan pohon bambu yang rindang. Menariknya, mengunjungi objek wisata ini tidak perlu mengeluarkan biaya karena gratis.

Taman Prestasi

Surabaya memiliki banyak taman yang dijadikan sebagai objek wisata. Taman Prestasi adalah salah satunya, lokasinya berada di tengah kota. Selain menawarkan keindahan dari tata lokasi taman, daya tarik lain adalah adanya sungai atau danau di tengahnya.

Baca Juga :   Alun Alun Probolinggo, Destinasi Wisata Keluarga Gratis Menarik

Sungai ini dijadikan sebagai sarana latihan bagi atlet dayung bertaraf nasional dan internasional. Dari segi fasilitas tidak perlu dikhawatirkan, karena dijamin sangat lengkap. Jika ingin beribadah, ada mushola yang tenang. Toilet dan tempat parkir pun ada, juga Wifi gratis.

Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya yang cocok dikunjungi bagi kalangan keluarga adalah Kebun Binatang Surabaya. Meski sempat terjadi permasalahan internal, objek wisata ini kembali beroperasi dengan normal dan selalu ramai.

Koleksi binatangnya lengkap sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, kamu bisa menyaksikan aneka flora dari berbagai jenis, sebagian bahkan tergolong langka. Aktivitas yang dapat dilakukan selain menyaksikan tingkah hewan yakni tunggang gajah dan kuda.

Mangrove Tour Wonorejo

Dengan luas lahan lebih dari 200 hektar, Mangrove Tour Wonorejo menjadi objek wisata yang menampilkan keindahan alam. Tempat ini dipenuhi dengan tanaman mangrove atau tanaman bakau yang biasanya tumbuh subur di daerah pantai.

Susana asri dan sejuk pun terasa, udaranya dijamin berkualitas. Selain menjadi objek wisata, tempat ini juga berfungsi sebagai paru-paru kota. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti naik perahu, memancing, dan berburu spot foto instagramable.

Tugu Pahlawan

Untuk mengenang jasa perjuangan arek-arek Suroboyo saat melawan penjajah Belanda, mendirikan Tugu Pahlawan yang sekaligus menjadi ikon kotanya. Bangunan setinggi lebih dari 41 meter ini berada di alun-alun dan tidak jauh dari Kantor Gubernur Jawa Timur.

Tidak ada keindahan alam yang dapat disaksikan di sini, namun bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan. Pada hari minggu, banyak pedagang yang menjual berbagai aneka makanan khas Surabaya. Ada juga yang menjual berbagai aksesoris dan keutuhan fashion lainnya.

Baca Juga :   Puri Anom Tabanan, Objek Wisata di Bali yang Sarat dengan Makna

Monumen Bambu Runcing

Bagi pemuda, Monumen Bambu Runcing bukanlah tempat wisata di Surabaya yang asing. Hampir semua warga Surabaya mengetahui lokasi wisata ini, yakni berada di Jalan Panglima Sudirman. Karena lokasinya tidak jauh dari Tugu Pahlawan, kamu bisa sekalian mampir.

Terdapat lima buah bangunan berbentuk bambu dengan ketinggian yang berbeda. Di sekelilingnya terdapat taman dengan hiasan bunga yang cantik. Di malam hari, tempat ini banyak disinggahi penjual yang menjajakan baran dagangannya, cocok dijadikan wisata kuliner.

Jalan Kembang Jepun

Jalan Kembang Jepun merupakan objek wisata di Surabaya yang menawarkan keunikan kampung China. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung karena dilengkapi berbagai ornamen lampu gantung atau yang biasa disebut dengan lampion.

Karena lokasinya tidak jauh dari Sungai Kalimas, berburu spot foto instagramable tentu tidak sulit. Di sini juga tergolong pusat kuliner yang menjadi rujukan utama bagi yang doyan makan. Silahkan berkunjung kapan saja, karena objek wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Eco Wisata Kampung Cincau

Saat ini banyak ditemukan sebuah kampung yang dijadikan objek wisata, sebutannya adalah kampung wisata. Di Surabaya juga ada, namanya Eco Wisata Kampung Cincau. Kampung ini mengajari kita bagaimana menjadi warga yang produktif untuk meningkatkan perekonomian.

Berbagai kreasi pun dihasilkan dari barang bekas, baik berupa makanan maupun produk kerajinan. Selain itu, warga di sini juga ada yang berprofesi sebagai petani. Tidak hanya menyaksikan hasil barang yang diproduksi, kamu bisa belajar langsung dari warganya.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang cocok kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan. Menentukan objek wisata tujuan memang tidak mudah, apalagi banyak tempat yang bagus. Namun yang jelas, silahkan disesuaikan dengan budget yang dimiliki.