TikTok Affiliate : Syarat & Cara Mendaftar TikTok Affiliate Program

Butonrayanews.co.id – TikTok Affiliate merupakan program penghasil uang yang di selenggarakan oleh media sosial Tiktok. Dengan program ini, kamu tidak hanya menikmati tontonan video menarik yang disuguhkan oleh konten kreator, namun juga menambah penghasilan.

Sebagian besar pastinya tau bahwa Tiktok merupakan media sosial platform video pendek yang saat ini digemari banyak kalangan. Sebenarnya lebih cocok digunakan oleh pemuda milenial, namun tidak sedikit anak-anak dan dewasa yang menggunakan media sosial ini.

Sebenarnya ada alasan yang kuat sehingga banyak kalangan yang tertarik. Konten Tiktok tergolong lengkap, kategori video apapun ada di sana. Tetapi tidak dapat di pungkiri bahwa sebagian besar konten berupa hiburan, baik prank maupun humor.

Bukan hanya ditonton online, kamu pun bisa download video Tiktok untuk ditonton offline. Mereka yang menyimpan video Titkok biasanya konten kreator yang berencana memadukan beberapa video menjadi satu. Istilah ini dinamakan video mix, hasilnya rata-rata lebih keren.

Semakin banyak video ditonton, semakin besar pula mendapatkan penghasilan. Namun untuk TikTok Affiliate tidak demikian, karena sistem yang digunakan lebih kepada belanja online. Meski demikian, jumlah penonton tetap berpengaruh terhadap penghasilan.

Bedanya, untuk mendapatkan penghasilan di program ini dibutuhkan konsumen yang membeli produk yang kamu tawarkan. Selain membutuhkan banyak audience, teknik promosi pun sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya penjualan.

Review TikTok Affiliate

Review TikTok Affiliate

Apa sih yang dimaksud dengan TikTok Affiliate? Untuk Affiliate sendiri adalah sebuah program yang menawarkan kerja sama antara pihak pertama dengan pihak kedua. Keduanya masih termasuk penjual, anggap saja pihak pertama sebagai supplier.

Baca Juga :   6 Cara Download Video Twitter Di HP Android Atau Iphone Dengan Mudah

Program ini semakin banyak diminati karena pihak kedua sebagai penjual tidak harus memiliki barang. Artinya, kamu tidak butuh modal jika ingin menjadi Affiliate di Tiktok. Caranya pun mudah, cukup bagikan link dari program yang dijual oleh pihak pertama.

Apabila ada konsumen yang membeli dari link yang kamu bagikan, kamu berhak mendapatkan upah dari usaha tersebut. Masing-masing pengguna Tiktok memiliki ID yang berbeda dari link yang dibagikan, jadi tidak perlu khawatir tertukar atau kalkulasi nya salah.

Memang dalam hal ini kamu tidak bisa menggunakan kalkulator Tiktok untuk menghitung penghasilan. Tetapi tidak terlalu sulit juga dalam menentukannya, karena setiap produk telah disepakati persentase bagi hasil dengan pihak pertama atau supplier.

Dengan melihat definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa TikTok Affiliate merupakan sistem penjualan barang yang dilakukan di media sosial Tiktok. Caranya yang mudah membuat banyak orang tertarik menjalankannya, apalagi tidak membutuhkan modal.

Pilihan produknya pun bermacam, kamu bisa memilih sesuai keinginan. Pada umumnya, mereka yang baru memulai program afiliasi ini lebih memilih produk yang dikuasai. Soal bagi hasil tidak perlu khawatir, karena program ini transparan dan sesuai kesepakatan awal.

Syarat Daftar TikTok Affiliate Program

Sayangnya, tidak semua pengguna Tiktok bisa mengikuti program yang menguntungkan ini. Hanya mereka yang memenuhi persyaratan yang dapat mengikuti dan menjalakan programnya untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah syarat daftar TikTok Affiliate!

  • Mempunyai akun Tiktok dan mengaktifkan fitur Tiktok Shop.
  • Wajib menyertakan identitas pada akun Tiktok, baik berupa KTP atau Paspor.
  • Memiliki rekening bank yang masih aktif sebagai metode pembayaran.
  • Mengisi alamat pengiriman, untuk hal ini bersifat opsional.
  • Minimal jumlah pengikut atau follower sebanyak 7.000 orang.
  • Pernah upload video setidaknya berjumlah 50.
  • Mengunggah minimal satu konten selama 28 hari pendaftaran.
Baca Juga :   Kode Cheat GTA 5 PS3 PS4 & PS5 Lengkap (Uang Mobil Peluru)

Cara Mendaftar TikTok Affiliate Program

Syarat diatas sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi bagi konten kreator yang aktif. Bagi yang masih baru bergelut di dunia Tiktok, sebaiknya fokus dulu menjadi konten kreator dengan upload video sebanyak yang dibutuhkan.

Untuk jumlah follower biasnya mengikuti, tergantung dari keaktifan kamu dalam menyajikan konten selain itu, pastikan konten yang diunggah berkualitas, baik dari segi video nya sendiri maupun isi konten yang bermanfaat atau menghibur.

Anggap saja kali ini kamu telah memenuhi semua persyaratan diatas, selanjutnya adalah mendaftar. Untuk cara daftar TikTok Affiliate terbagi menjadi dua, yakni untuk konten kreator dan seller atau yang memiliki produk.

Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Konten Kreator

Kita bahas dulu bagaimana cara apabila kamu ingin menjual produk dari pihak pertama. Cara daftarnya tidak begitu susah sebenarnya, asalkan sudah memenuhi semua persyaratan diatas. Bagi yang masih bingung, silahkan ikuti langkah berikut!

  1. Buka aplikasi Tiktok yang kamu miliki.
  2. Silahkan login terlebih dahulu.
  3. Klik ikon Orang untuk masuk ke profile.
  4. Di halaman profile, klik ikon tiga garis kemudian pilih Creator tools.
  5. Lanjutkan dengan memilih TikTok Shop.
  6. Centang kotak kecil yang ada di Syarat dan Ketentuan.
  7. Klik tombol Apply.
  8. Kemudian lanjutkan dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Sebagai Seller

Selanjutnya bagi yang ingin menjadi seller atau menjualkan produknya dengan bantuan konten kreator, cara daftar TikTok Affiliate nya berbeda. Kali ini harus melalui browser terlebih dahulu di situs resmi nya, silahkan ikuti langkah berikut!

  1. Buka browser di perangkat, kemudian kunjungi https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.
  2. Di halaman utama yang muncul, pilih Sign up with TikTok Account.
  3. Silahkan login menggunakan akun Tiktok kamu.
  4. Pada halaman baru yang muncul, klik Authorize.
  5. Masukkan nomor HP aktif sebagai verifikasi.
  6. Klik Send Code.
  7. Buka SMS yang dikirim Tiktok, lalu masukkan kodenya pada kolom.
  8. Masukkan alamat email.
  9. Klik lagi Send Code dibawah kolom email.
  10. Silahkan buka email, kemudian cari kode verifikasi yang dikirimkan.
  11. Klik tombol Next, kemudian klik lagi tombol Start Selling.
  12. Jika ingin menambahkan dokumen, klik Verify Documents, kemudian upload dokumen yang dibutuhkan.
  13. Pada bagian Seller Information, pilih Individually-owned business.
  14. Masukkan nama Toko pada kolom yang tersedia.
  15. Tekan tombol Add File, lalu upload identitas diri berupa KTP atau Paspor.
  16. Apabila yakin semua yang diisikan benar, klik tombol Submit.
  17. Selanjutnya masuk ke bagian Link Bank Account.
  18. Masukkan nomor rekening yang kamu miliki, terakhir klik Submit.
  19. Tunggu informasi dari pihak Tiktok apakah pengajuan kamu diterima atau tidak.
Baca Juga :   WA Web, Cara Menggunakan WhatsApp Web Di Browser Dan Aplikasi

Cara Menambahkan Produk Afiliasi

Setelah kamu diterima mengikuti program TikTok Affiliate, langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan produk. Kamu bisa memilih produk apa saja yang diinginkan dengan mengikuti cara berikut!

  1. Buka Tiktok, kemudian login.
  2. Masuk ke bagian profil.
  3. Buka menu Shop.
  4. Pilih E-commerce creator center.
  5. Klik I Agree untuk langkah selanjutnya.
  6. Tekan opsi Commissions.
  7. Jika kamu baru pertama kali menjual produk, pilih Add products.
  8. Masukkan nama pada kolom.
  9. Klik Submit.
  10. Konfirmasi dengan klik opsi Verify.
  11. Tekan tombol Add Affiliate products.
  12. Pilih produk, kemudian tunggu persetujuan.
  13. Apabila telah disetujui, silahkan bagikan link tersebut pada video yang kamu upload.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai TikTok Affiliate. Program ini tidak hanya digunakan untuk menjual produk orang lain. Kamu pun bisa menjual produk sendiri dengan cara yang sama. Sedikit tips, buat konten yang sesuai dengan produk yang kamu jual supaya lebih mudah mendapatkan konsumen.

error: Content is protected !!