Ukuran Feed Instagram Yang Ideal Untuk Reels, Foto, Video, & IGTV

Butonrayanews.co.idFeed Instagram adalah sebuah halaman profil yang menampilkan foto dan video ynag kalian unggah. Feed akan langsung terlihat saat seseorang melihat halaman profil kalian,lalu bagaimana cara mengatur ukuran feed instagram yang ideal.

Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial yang sangat populer dikalangan segala usia, yang bisa membagikan foto dan video. Selain itu dalam aplikasi instagram kalian dapat mengambil foto atau video langsung dari aplikasinya serta menerapkan filter digital.

Apa bila kalian suka dengan foto atau video yang kalian buat dalam instagram kalian juga bisa membagikan keberbagai halaman media. Untuk setiap ukuran feed dalam instagram juga memiliki berbagai ukuran yang berbeda, untuk durasi atau format lainya memiliki ukuran berbeda.

Agar hasil video atau foto kalian tetap terlihat menarik dalam halaman profil dan menambah banyak follower. Jika kalian ingin tahu lengkapnya mengenai format instagram, durasi, atau lainya kalian bisa lihat ulasanya dalam artikel ini.

Ukuran Postingan Instagram Reels

Ukuran Postingan Instagram Reels

Reels merupakan sebuah fitur baru yang terdapat dalam instagram, dan durasi video untuk reels sendiri sangat singkat. Biasanya video reels sangat menarik dan impresif seperti video pendek yang dibuat pada aplikasi tiktok.

Dalam fitur reels di instagram kalian juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar video yang dihasilkan menarik meskipun durasinya pendek. Fitur ini bisa digunakan untuk mengedit foto berdurasi 15 detik dengan berbagai tambahan fitur menarik sehingga video yang dihasilkan aesthetic.

Sebelum kalian mempostingnya kalian bisa menyimpan ke draft terlebih dahulu lalu kalian bisa tentukan untuk mempostingnya atau tidak. Jika menurut kalian videonya cukup bagus dan menarik kalian bisa mempostingnya untuk dilihat para followers kalian.

Untuk rasio reels sama dengan IG live atau video IG story yang kalian buat, dengan raiso 9:16 atau 1080×1920 pixel.

Ukuran Feed Instagram Foto

Ukuran Feed Instagram Foto

Jika kalian selalu mengupdate aplikasi instagram kalian akan mendapati ukuran foto pada instagram yang telah diupdate dengan ukuran 1080×1080 pixel. Tujuanya agar mengakomodasi pada layar resolusi perangkat ponsel yang kalian gunakan untuk membuka instagram.

Apabila kalian ingin melakukan editing foto pada halaman instagram kalian harus mengetahui dan memahami yang ada didalam aplikasi tersebut. Agar gambar yang dihasilkan terlihat rapi dan bagus seperti para selebgram.

Terdapat 3 bentuk ukuran postingan instagram yaitu landscape, potrait dan square, untuk landscape dan potrait agar foto diupload tanpa terpotong. Namun jika kalian menggunakan dalam bentuk square foto yang kalian upload memiliki resolusi tinggi sehingga tidak pecah.

Untuk rasio foto dengan bentuk square dengan resolusi 1080 x 1080 pixel atau rasio1:1. Hal tersebut bisa kalian lakukan dengan mengambil foto pada aplikasinya langsung.

Dibawah ini ada ukuran instagram sesuai dengan bentuknya :

  • Ukuran Square 1:1 ( 1080 x1080 pixel )
  • Ukuran Potrait 4:5 ( 1080 x 1350 pixel )
  • Ukuran Landscape 1.91:1 ( 1080 x 680 pixel )

Jika kalian ingin mengubah foto kalian menjadi lebih bagus dan rapi bentuknya kalian bisa menggunakan aplikasi bantu seperti Instagrid. Atau menggunakan software lainya yang bisa kalian temukan dalam playstore untuk editing foto di instagram.

Ukuran Feed Instagram Video

Ukuran Feed Instagram Video

Seperti yang sudah dijelaskan seblumnya dalam aplikasi instagram kalian dapat mengunggah video maupun foto dalam aplikasi tersebut. Lalu berapa ukuran video untuk instagram agar tampilanya bagus dan rapih ?

Setiap mengupload video kalian bisa menggunakan dua pilihan dengan resolusi landscape ataupun Potrait. Dan bagaimana cara untuk menentukan ukuran video yang ideal dalam aplikasi instagram tersebut.

Dibawah ini ada beberapa ukuran rasio feed yang harus kalian perhatikan agar tampilanya tidak terpotong.

  • Ukuran Square 1:1 (600 x 600 pixel) 30 fps – 60 seconds
  • Ukuran Potrait 4:5 (600 x 750 pixel) 30 fps – 60 seconds
  • Ukuran Landscape 1.91:1 (600 x 315 pixel) 30 fps – 60 seconds

Ukuran Feed Instagram IGTV

Ukuran Feed Instagram IGTV

Selain dapat mengunggah foto dan video kalian juga dapat menggunakan fitur terbarunya yaitu instagram TV. Untuk durasi yang kalian dapatkan dari fitur tersebut cukup lama lebih dari satu menit karena memang konteksnya seperti siaran.

Untuk bentuk dalam membuat IG Tv sama dengan bentuk foto dan video yang diberlakukan instagram. Dalam bentuk landscape IG TV biasanya lebih nyaman untuk digunakan karena tampilan gambar tidak akan terpotong.

Namun berbeda halnya dengan bentuk potrait apabila tidak memiliki resolusi yang sama dengan perangkat yang digunakan biasanya gambar akan terpotong.

Dibawah ini ada beberapa keterangan mengenai resolusi IG TV, silahkan simak dengan jelas agar kalian menghasilkan video yang tidak pecah.

  • Landscape (horizontal), resolusi (1920 x 1080 pixel ) dan rasio 16:9.
  • Portrait (vertical), resolusi (1080 x 1920 pixel) dan rasio 9:16.
  • Post Portrait, resolusi (1080 x 1350 pixel) dan rasio 4:5.
  • Square, resolusi (1080 x 1080 pixel) dan rasio 1:1.

Dan ketentuan untuk durasi IG TV kalian bisa simak ulasanya dibawah ini :

  • Ukuran Cover resolusi (420 x 654 pixel) dengan rasio 1.55 :1
  • Frame rate IG TV : minimal 30 fps dengan resolusi minimal 720p.
  • Durasi IG TV : maksimal 60 seconds jika diupload di instagram web, 15 menit jika melalui aplikasi instagram.
  • Format file IGTV : mp4
  • Ukuran file IGTV : maksimal durasi 10 menit atau kurang dari 650MB.

Tabel Daftar Ukuran Postingan Feed IG

Agar pembahasan lebih singkat dan jelas kami sudah merangkumnya dalam bentuk tabel agar kalian lebih mudah untuk dipahami.

Silahkan untuk simak ulasanya pada tabel dibawah ini :

Jenis KontenUkuran Konten
Foto square1:1 (1080 x 1080 pixel)
Foto landscape1.91:1 (1080 x 608 pixel)
Foto potrait 4:5 (1080 x 1350 pixel)
Video square1:1 (600 x 600 pixel) 
Video landscape1.91 (600 x 315 pixel) 
Video potrait4:5 (600 x 750 pixel) 
IGTV landscape16:9 (1920 x 1080 pixel)
IGTV live9:16 (1080 x 1920 pixel)
IG story foto1.91:1 (1080 x 608 pixel)
IG story video19:16 (1080 x 1920 pixel)

Semua ukuran diatas berlaku untuk berbagai perangkat dan platform, mulai dari perangkat android, iOS, dekstop dan web.

Cara Membuat Feed IG Agar Tidak Terpotong

Baik postingan foto maupun video dalam feed instagram jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan pasti akan kecewa.

Nah, dibawah ini ada beberapa tutorial yang bisa kalian praktekan agar hasil foto atau video tidak terpotong :

  1. Tekan menu ikon plus (+) disamping kanan atas aplikasi IG.
  2. Pilih foto atau video yang akan kalian unggah.
  3. Tekan menu ikon untuk resize foto/video ke ukuran feed IG yang ada dipojok kiri bawah.
  4. Tekan tombol next untuk lanjut ketahap editing dan posting.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ukuran feed instagram pada artikel ini. Semoga tutorial yang diberikan bermanfaat dan terima kasih telah mendukung halaman kami.