Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inci, Dan Pixel

Butonrayanews.co.id – Ukuran foto 2R merupakan salah satu dimensi foto yang seringkali digunakan. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, bisa dikatakan ukurannya ideal sebagai dokumentasi. Namun bukan untuk pelengkap dokumen tentunya karena biasanya butuh pas foto untuk hal tersebut.

Di zaman teknologi digital saat ini, foto tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Apapun objek yang ada bisa dijadikan foto menarik, terlebih untuk keperluan rekreasi. Apalagi bagi pegiat media sosial, berfoto merupakan salah satu kegiatan yang wajib.

Jika sebelumnya memerlukan alat foto berupa kamera DSL, sekarang boleh dikatakan lebih canggih. Aktivitas foto bisa bermodalkan perangkat ponsel pintar. Bahkan banyak yang lebih canggih karena dilengkapi dengan resolusi tinggi.

Untuk mendapatkan ukuran foto 2R sebenarnya tidak memerlukan kamera beresolusi tinggi. Hanya butuh kamera beresolusi 1,2 MP, kamu bisa mendapatkan ukuran atau dimensi tersebut. HP sekarang ada yang dilengkapi resolusi 24MP dan bahkan lebih tinggi.

Artinya, HP lama pun bisa digunakan untuk mendapatkan ukuran yang kita bahas ini. Namun untuk menghasilkan jepretan yang bagus tentunya tidak boleh sembarangan. Kamu harus mendapatkan pencahayaan yang baik dan juga sedikit mengetahui teknik foto.

Meski bisa disimpan langsung di HP atau memori telepon, sebagian orang tetap membutuhkan foto yang dicetak. Tujuannya bermacam-macam, ada yang ingin dipajang di dinding dan ada pula yang ingin disimpan di dompet.

Standar Ukuran Foto 2R

Menentukan ukuran foto 2R tergantung dimensi yang digunakan. Maksudnya, ada banyak satuan yang umum digunakan. Standar satuan yang dimaksud adalah centimeter (CM), milimeter (MM), Inchi, dan Pixel.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 6R, 8R, 10R, 11R, 12R, 14R, Dst

Untuk ukuran CM, MM, dan Inchi mugkin sangat mudah mendapatkannya karena tinggal dikonversi. Tetapi untuk ukuran pixel tidak demikian, karena tergantung program yang digunakan untuk mengubah dimensinya.

Untungnya, saat ini ada banyak sekali software di komputer, misalnya Photoshop, MS Word, Corel Draw, dan lain sebagainya. Selain itu, membuat ukuran foto 2R menggunakan HP juga memungkinkan karena banyaknya aplikasi yang tersedia.

Ukuran Foto 2R dalam MM

Milimeter atau MM merupakan satuan terpendek yang terdapat di alat ukur manual. Kamu bisa menentukan ukuran ini menggunakan penggaris atau meteran. Untuk foto 2R, ukuran standar yang berlaku adalah 60 x 90 mm.

Cara membaca angka tersebut adalah lebar 60 mm dan panjang 90 mm. Mengenai posisinya bebas, kamu bisa membuatnya landscape maupun portrait. Posisi ini biasanya tergantung dari waktu pengambilan foto, artinya tergantung dari posisi kamera.

Dalam Satuan CM

Sama halnya dengan MM, satuan CM juga bisa didapatkan dari alat ukur penggaris maupun meteran. Pastinya banyak yang sudah mengetahui konversi dari kedua satuan ini, yakni 1 cm setara dengan 10 mm. Jika dibalik, maka 1 mm senilai dengan 0,1 cm.

Dengan melihat ukuran foto 2R dengan dimensi yang disebutkan diatas, maka yang didapatkan adalah 6 x 9 cm. Namun faktanya, ukuran tersebut biasanya ada toleransi, jadi tidak harus tepat sesuai yang disebutkan.

Dalam Satuan Inchi

Agak sedikit bingung ketika menghitung ukuran inchi, karena tidak semudah konversi CM atau MM. Satuan inchi jarang digunakan di Indonesia, lebih banyak digunakan di luar negeri seperti Amerika. Meski demikian, tidak ada salahnya mengetahui ukurannya sebagai antisipasi.

Konversi satuan inchi jika dijadikan CM adalah 1,54. Kemudian jika dikonversi menjadi MM berarti 15,4. Lalu bagaimana dengan dimensi foto 2R yang disebutkan diatas? Tinggal dihitung saja, hasilnya tidak lain adalah 2,3 x 3,5 inchi.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas Seri A Dan B Dalam Satuan Mm Cm Inchi

Ukuran Foto 2R dalam Pixel

Standar ukuran foto 2R juga ditetapkan dalam satuan pixel. Untuk kali ini kamu tidak bisa menggunakan alat ukur manual. Biasanya ukuran ini langsung didapatkan dari kamera digital yang digunakan untuk mengambil foto.

Sayangnya, hampir semua kamera tidak bisa mendapatkan ukuran yang tepat. Kamu butuh programa atau aplikasi untuk mendapatkan ukurannya. Misalnya menggunakan Photoshop, maka pastikan menggunakan dimensi 192 x 336 pixel untuk 96 DPI.

Tabel Ukuran Foto 2R

Setelah mengetahui semua ukuran dalam satuan yang disebutkan diatas, saat ini pastinya kamu tidak lagi bingung jika ingin mencetak foto. Supaya lebih mudah dalam mengingatnya, kamu bisa melihat tabel perbandingan dari semua satuan yang disebutkan.

UkuranmmcminciPixel
2R60 x 906 x 92,3 x 3,5192 x 336

Mengetahui Kegunaan Foto 2R

Pastinya banyak yang penasaran kenapa harus mencetak ukuran foto 2R bukan? Pasalnya, dimensi ini tidak dibutuhkan untuk melamar pekerjaan atau berbagai keperluan dokumen pelengkap apapun. Jangan salah, ada banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan.

Ukuran ini seringkali dijadikan dokumentasi untuk keperluan tertentu. Memang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan ukuran foto 5R atau 10R. Tetapi ukuran tersebut cocok dimasukkan kedalam album kenang-kenangan karena bisa memuat banyak foto.

Album foto yang biasanya digunakan untuk menyimpan ukuran 5R bisa juga digunakan untuk 2R. Bahkan foto yang disimpan bisa lebih banyak karena ukurannya yang relatif kecil. Perbandingannya bahkan bisa mencapai 1 banding 3, 1 ukuran 5R bisa untuk 3 ukuran 2R.

Selain itu, ukuran ini cocok disimpan di dompet untuk keperluan tertentu. Misalnya pemuda yang ingin mencari kenalan baru. Bisa juga menyimpan foto seseorang yang spesial supaya lebih mudah melihatnya dan selalu terkenang di hati.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Menarik Agar Di Terima Kerja

Cara Mengatur Ukuran Foto 2R

Setelah mengetahui ukuran yang pasti dan apa kegunaannya, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mengatur ukuran foto 2R. Kali ini kita menggunakan MS Word yang sering dijadikan media untuk mengatur ukurannya.

Siapa tahu kalau program bawaan dari Windows ini ternyata juga bisa digunakan untuk keperluan edit foto. Bahkan bisa dikatakan lebih efektif dari program lainnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengikuti tutorial sederhana berikut!

  • Buka MS Word di komputer.
  • Klik import pada menu utama, kemudian pilih foto yang akan diubah ukurannya.
  • Setelah foto masuk ke Word, klik bagian fotonya.
  • Secara otomatis akan muncul pilihan format, pilih ukuran atau size.
  • Hilangkan centang pada kotak kecil di sebelah tulisan Lock aspect ratio dan Relative to original picture size.
  • Tentukan satuan yang ingin kamu gunakan, kemudian masukkan angka yang sesuai dengan daftar diatas.
  • Misalnya kamu memilih satuan CM, maka isi Width dengan angka 6 dan Height dengan angka 9.
  • Klik OK dan foto siap dicetak.
  • Kamu juga bisa menentukan posisinya, baik di tengah maupun di samping.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai ukuran foto 2R dengan satuan CM, MM, Inchi, dan Pixel. Saat ini tentu kamu tidak lagi bingung ketika ingin mencetak foto dengan ukuran yang dimaksud. Apalagi kami berikan juga bagaimana cara mengubah ukurannya di Word. Semoga artikel ini memberikan tambahan wawasan bagi kamu dan lainnya.