Standar Ukuran Foto 3R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Butonrayanews.co.id – Pastinya sudah banyak yang sering mendengar mengenai ukuran foto 3R. Pasalnya, jenis ukuran foto ini seringkali dimanfaatkan untuk perlengkapan dokumen. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil memang pas dijadikan persyaratan tersebut.

Masalahnya, apakah kamu sudah mengetahui berapa ukuran pastinya? Jangan-jangan kamu tidak pernah memperhatikan meski sering mencetak foto dengan ukuran yang dimaksud. Sebenarnya wajar, karena kebanyakan kita mencetak foto di studio.

Tinggal mengucapkan berapa ukuran yang diinginkan, hasil pun langsung didapatkan. Foto 3R hanya salah satu jenis dari seri R yang banyak memiliki ukuran lainnya. Ada ukuran foto 5R yang telah dibahas sebelumnya, 2R, 4R, dan bahkan 10R.

Semakin besar nilai R nya, semakin besar pula ukuran yang didapatkan. Maksudnya, ukuran foto 3R akan lebih besar jika dibandingkan dengan foto 2R. Tetapi jika dibandingkan dengan 5R atau seterusnya pasti ukurannya jauh lebih kecil.

Karena ukuran yang berbeda, harga mencetak foto juga tidak sama. Semakin besar fotonya tentu semakin mahal harganya. Selain itu, harga juga tergantung dari jenis kertas yang digunakan. Ada banyak kertas yang ditemukan saat ini, masing-masing memiliki kelebihan.

Foto 3R bisa dikatakan sangat penting karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Selain untuk dokumen pelengkap, ukuran ini juga digunakan untuk dokumentasi pribadi. Tidak sedikit mereka yang menyimpan cetakan foto dengan ukuran ini karena lebih praktis.

Standar Ukuran Foto 3R

Ukuran foto 3R termasuk salah satu seri R yang paling umum digunakan. Jika dilihat dari semua serinya, ukuran ini bisa dikatakan tidak terlalu kecil maupun besar. Anggap saja ukuran yang ideal, itulah kenapa banyak digunakan sebagai dokumentasi penting.

Baca Juga :   Ukuran Kartu Nama Dalam Mm Cm Pixel di Word Dan Photoshop

Satuan yang digunakan untuk ukuran foto juga standar nasional dan internasional. Sebut saja satuan milimeter, dimana semua negara menggunakannya. Satuan lain yakni centimeter, termasuk juga inchi yang banyak digunakan negara besar.

Ukuran Foto 3R dalam MM

Kita bahas terlebih dahulu satuan yang paling umum dan tergolong paling kecil, yaitu MM atau milimeter. Satuan ini umum karena banyak digunakan di penggaris atau alat ukur lainnya. Ukuran foto 3R dalam milimeter adalah 89 x 127, silahkan diingat baik-baik.

Perlu kamu ketahui, ukuran tersebut sebenarnya bukanlah ukuran foto, melainkan ukuran kertas. Artinya, dalam cetakan nanti tidak semuanya dipenuhi dengan foto, namun ada margins di setiap sisinya. Meski tidak terlalu besar, margins sangat penting untuk tampilan.

Dalam Satuan CM

Sebenarnya mengetahui ukuran dalam satuan milimeter sudah cukup untuk mengetahui satuan centimeter. Ini dikarenakan konversi nya yang sangat mudah, kamu hanya perlu mengurangi satu angka desimal dari nilai dengan satuan milimeter.

Misalkan jika mendapati angka 100 mm, maka hasilnya sama dengan 10 cm. Dengan demikian, kita mendapatkan ukuran foto 3R dalam CM senilai 8,9 x 12,7. Sama halnya dengan sebelumnya, kali ini juga termasuk margins pada setiap bagian sisinya.

Dalam Satuan Inchi

Perhitungan satuan inchi bisa dikatakan lebih rumit jika dibandingkan dengan kedua satuan diatas. Satuan meter, centimeter, dan milimeter masuk pada golongan yang sama, tinggal menambahkan nol atau menguranginya, tergantung dari konversi nya.

Lain halnya dengan inchi, konversi yang didapatkan tidak semudah sebelumnya. Untuk 1 inchi memiliki nilai 2,54 centimeter. Nilai tersebut sama saja dengan 25,4 milimeter. Jika mengambil foto 3R, maka kita dapatkan ukuran 3,5 x 5 inchi.

Baca Juga :   Ukuran Kertas A5 Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel & Penggunaanya

Dalam Satuan Pixel

Ukuran standar foto tidak hanya dalam satuan alat ukur yang biasa jamu jumpai, namun juga satuan digital. Pixel adalah satuan digital yang umum digunakan untuk menentukan resolusi gambar. Semakin besar pixel nya, semakin bagus pula gambar atau fotonya.

Ukuran foto 3R dalam pixel tidak bisa mengambil konversi dari satuan yang telah disebutkan diatas. Kamu perlu menggunakan aplikasi atau program untuk mengetahuinya. Resolusi terbaik untuk ukuran foto ini adalah 750 x 1050 pixel, sedangkan low-mid 480 x 672 pixel.

Tabel Ukuran Foto 3R

Dari penjelasan diatas, kamu pasti sudah mengetahui ukuran foto yang kita bahas kali ini. Bahkan untuk semua satuannya, baik MM, CM, Inchi, dan piksel. Supaya lebih mudah dalam mengingatnya, berikut tabel ukuran yang penting dicatat!

UkuranInchesCMMMPixel 
3R3.5 x 58.89 x 12.788,9 x 127750 x 1050

Jenis Kertas Foto

Jika hanya mengetahui ukuran foto 3R saja sebenarnya tidak cukup, karena masih ada hal lain yang perlu diperhatikan. Jenis kertas adalah salah satu yang penting menjadi perhatian. Pasalnya, kualitas foto tergantung dari jenis kertas yang kamu gunakan.

Pada umumnya, kertas yang bagus harganya lebih mahal dari yang biasa. Masalahnya, kebanyakan dari kita tidak mengetahui ciri-ciri dari kertas yang bagus. Maka dari itu, sebaiknya kamu simak jenis kertas foto berikut beserta sedikit penjelasannya!

Kanvas Snappy

Termasuk yang paling umum digunakan, Kanvas Snappy memberikan hasil foto yang terlihat elegan dan super mewah. Permukaannya halus, namun mudah menyerap tinta sehingga foto lebih awet, asalkan tidak terkena air atau lembap tentunya.

Kertas ini banyak ditemui di pasaran, jadi tidak sulit menemukannya. Untuk harganya sendiri bervariasi, tergantung dari ukuran dan dimana kamu membelinya. Biasanya, harga lebih murah didapatkan ketika kamu membelinya di toko online.

Baca Juga :   17 Wallpaper HD Keren Aesthetic Anime 3D Untuk HP Android

Glossy

Selanjutnya adalah Glossy, sekilas mungkin kamu membayangkan sesuatu yang mengkilap. Tidak salah memang, karena kertas ini memberikan hasil cetakan yang glossy. Foto atau gambar pun terlihat jauh lebih jelas dan tajam.

Kertas ini cocok digunakan untuk keperluan administrasi, misalnya mengurus SKCK, foto KTP, SIM, dan masih banyak lainnya. Sayangnya, ada sedikit kekurangan dari ketas ini, yaitu rentan terhadap goresan yang menyebabkan hasil foto sedikit rusak.

Matte

Mencetak ukuran foto 3R lebih disarankan menggunakan kertas Matte. Bukan tanpa alasan, karena hasilnya dijamin memuaskan. Foto dengan resolusi tinggi dijamin menghasilkan cetakan yang sempurna, tajam, jelas, dan tidak pecah-pecah.

Permukaannya yang halus menjamin hasil cetakan jauh lebih baik dari jenis kertas sebelumnya. Ukuran foto besar sebagai pajangan pun cocok menggunakan kertas ini. Hanya saja, harganya tergolong premium atau mahal sehingga jarang digunakan.

Luster

Bagi yang suka memajang foto berukuran besar di dinding, kertas luster sepertinya cocok dijadikan pilihan utama. Ukuran maksimal kertas ini cukup besar, bahkan bisa mencapai 30R atau lebih dari setengah meter.

Kertas ini memiliki permukaan yang mengkilap di salah satu sisinya. Hasil cetakan dijamin tidak akan mengecewakan meski sebenarnya foto yang dicetak tidak berkualitas. Supaya lebih awet, penyimpanan yang tepat sangat diperlukan apabila kamu menggunakan kertas ini.

Kesimpulan

Kecanggihan teknologi saat ini tidak harus menggantungkan diri kepada orang lain untuk urusan tertentu, salah satunya adalah dalam hal mencetak foto. Dengan mengetahui ukuran foto 3R dari berbagai satuan diatas, kamu tinggal menyesuaikan dan mencetaknya dengan printer.