Ukuran Foto 5R, 6R, 8R, dan 10R Dalam Satuan Mm, Cm, Dan Inchi

Butonrayanews.co.id – Sudahkah kamu mengetahui berapa ukuran foto 5R secara pasti? Jika belum, maka wajib menyimak semua penjelasan melalui artikel yang kami buat nantinya. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba membahas lebih spesifik, setelah sebelumnya membahas ukuran foto seluruhnya.

Ada banyak sekali seri R yang digunakan untuk mencetak foto, mulai dari yang terkecil hingga paling besar. R dalam ukuran foto merupakan arti dari Rectangular, dalam Bahasa Indonesia berarti persegi panjang.

Maksudnya, semua foto yang memiliki seri R pasti berbentuk persegi panjang. Salah satunya adalah 5R yang kita bahas kali ini. Karena bentuknya persegi panjang, artinya posisinya bebas. Ada kalanya foto seri R posisinya landscape, ada yang posisinya portrait.

Biasanya, posisi foto disesuaikan dengan kebutuhan, bisa juga ketika mengambil gambar. Jika kamu foto dengan kamera yang berdiri, hasil cetakan nantinya portrait. Sedangkan jika mengambil foto dengan posisi kamera tidur, maka hasil cetakannya landscape.

Ukuran foto 5R biasanya digunakan untuk keperluan pribadi untuk tujuan dokumentasi. Contoh sederhananya adalah foto pernikahan, mulai dari akad nikah hingga resepsi. Selain itu, bisa juga untuk kenang-kenangan pribadi setelah berwisata atau lainnya.

Foto wisuda juga kerap menggunakan ukuran ini, namun bukan untuk ijazah yang akan diterima. Kalau ijazah, biasanya menggunakan ukuran pas foto 4×6. Foto wisuda yang dimaksud juga untuk kenang-kenangan sebelum atau setelah menerima ijazah.

Standar Ukuran Foto 5R

Standar Ukuran Foto 5R

Mengetahui standar ukuran foto 5R sangat penting bag yang menjalankan usaha percetakan. Kalau kamu membutuhkan cetakan dari jasa, tentu tidak membutuhkannya karena cukup mengatakan ukuran yang diinginkan.

Baca Juga :   17 Wallpaper HD Keren Aesthetic Anime 3D Untuk HP Android

Di Indonesia, standar ukuran seringkali mengacu pada satuan yang digunakan. Pada umumnya, satuan yang dimaksud adalah milimeter, centimeter, dan inchi. Namun tidak menutup kemungkinan ada yang menggunakan satuan piksel.

Ukuran Foto 5R dalam MM

Pertama kita bahas satuan yang paling kecil terlebih dahulu, yaitu milimeter atau MM. Jika kamu ingin mengetahui ukuran foto 5R manual, silahkan menggunakan penggaris. Namun jika ingin otomatis, maka gunakan program atau aplikasi khusus untuk edit foto.

Adapun ukuran yang dimaksud adalah 127 x 177,8 mm. Ukuran yang dimaksud bukan untuk gambar fotonya penuh, melainkan ukuran kertasnya. Jadi ketika kamu mencetak foto dengan ukuran ini, pastikan di semua sisinya terdapat bagian kosong untuk margin.

Dalam Satuan CM

Adi pelajaran sekolah, pastinya kamu mengetahui bahwa sangat mudah untuk mengonversi satuan MM ke CM, atau juga sebaliknya. Rumus sederhananya adalah 1 cm setara dengan 10 mm. Sebaliknya untuk 10 mm berarti nilainya 1 cm, atau 1 mm setara dengan 0,1 cm.

Lalu bagaimana dengan konversi ukuran foto 5R? Karena memiliki ukuran 127 x 177,8, maka akan menghasilkan nilai 12,7 x 17,78 cm. Hanya perlu menggeser satu koma ke belakang jika ingin menjadikan satuan MM ke CM.

Dalam Satuan Inchi

Sedikit lebih sulit jika menggunakan satuan inchi, karena tidak dapat dikonversi dengan mudah seperti MM dan CM. Dari ketiganya, satuan inchi memiliki nilai yang paling besar. Konversi 1 inchi senilai dengan 2,54 cm atau 25,4 mm.

Dengan rumus diatas, kita mendapatkan nilai ukuran foto 5R 5 x 7 inci. Jika kamu menggunakan ukuran kertas A4 dalam mencetaknya, akan menghasilkan 2 foto dengan ukuran yang sama. Hasilnya pun bagus karena masih ada sisa untuk bagian tepinya.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inci, Dan Pixel

Tabel Ukuran Foto 5R, 6R, 8R, dan 10R

Setelah mengetahui ukuran standar dari masing-masing satuan, tidak ada salahnya mengetahui seri R lainnya. Perlu diketahui, semakin besar angka di belakang R nya, semakin besar pula ukurannya. Dengan tabel berikut, semoga kamu lebih mudah memahaminya!

Cetak FotoInchesCMMM
2R2.5 x 3.56.35 x 8.89635 x 889
3R3.5 x 58.89 x 12.7889 x 127
4R4 x 610.2 x 15.2102 x 152
5R5 x 712.7 x 17.8127 x 178
6R6 x 815.2 x 20.3152 x 203
8R8 x 1020.3 x 25.4203 x 254
10R10 x 1225.4 x 30.5254 x 305

Cara Mencetak Ukuran Foto 5R

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara mencetak foto yang baik dan benar? Untuk mengantisipasi kesalahan yang terjadi, kamu perlu mengetahuinya. Pasalnya, satu kali kesalahan saja bisa mengakibatkan kerugian.

Saat ini semua foto menggunakan tinta warna yang harganya lumayan mahal. Satu foto ukuran 5R saja bisa seharga ribu rupiah jika kamu mencetak di studio foto. Tentu kamu tidak ingin mengalami kerugian dengan jumlah tersebut bukan?

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk kepentingan ini. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan program komputer, seperti photoshop atau corel draw. Silahkan pilih salah satu diantaranya yang cukup dikuasai.

Ada juga mereka yang menggunakan Microsoft Word untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Pilihan terbaik tentunya, karena cukup ringan dijalankan di komputer. Selain itu, semua jenis komputer juga hampir dipastikan memiliki program ini karena satu paket dengan windows.

Cara Mencetak Foto dengan Microsoft Word

Cara mencetak foto ukuran 5R dengan Microsoft Word sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan foto ukuran saja. Pastinya program yang akan dijadikan untuk mengedit foto. Berikut cara lengkap yang bisa kamu ikuti!

  • Silahkan buka Microsoft Word.
  • Pilih menu insert.
  • Lanjutkan dengan klik tab picture.
  • Pilih foto yang disiapkan sebelumnya.
  • Klik format picture.
  • Pada bagian width, pilih satuan cm dan masukkan angka 12.7.
  • Sedangkan di bagian Height, pilih satuan yang sama dan masukkan angka 17.8.
  • Hilangkan centang pada bagian Lock aspect ratio.
  • Klik OK dan ukuran foto 5R sudah didapatkan.
Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 6R, 8R, 10R, 11R, 12R, 14R, Dst

Mengubah Ukuran Foto dengan Paint

Selain MS Word, semua komputer yang menggunakan OS windows pasti memiliki program paint. Meski fungsi utamanya untuk menggambar sederhana, namun kamu bisa mengubah ukuran foto 5R sebelum dicetak.

  • Buka aplikasi paint.
  • Klik menu  file, kemudian open.
  • Cari foto yang ingin kamu ubah ukurannya.
  • Setelah foto berhasil diunggah, pilih menu resize.
  • Masukkan ukuran sesuai format ukuran 5R, kemudian OK.
  • Kamu juga bisa mengubah ukurannya dalam satuan piksel jika perlu.

Cara Mengubah Ukuran Foto di PicsArt

Bagi kamu yang tidak memiliki komputer atau PC tidak perlu khawatir, karena bermodalkan HP juga bisa. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran foto, salah satunya adalah Picsart.

  • Unduh dan instal aplikasinya terlebih dahulu di Toko Aplikasi.
  • Buka aplikasinya, kemudian masuk dengan akun Google.
  • Klik tanda + untuk memasukkan foto.
  • Pilih menu Alat, lalu pilih edit.
  • Tentukan ukuran yang diinginkan, kemudian simpan hasilnya.

Kesimpulan

Memang selalu menarik apabila membahas seputar foto, termasuk ukurannya. Pembahasan diatas kami rasa sudah cukup lengkap, bahkan ada cara untuk mengubah ukuran foto 5R. Pastikan kamu menggunakan jenis kertas terbaik ketika mencetaknya, juga tinta yang berkualitas.