Ukuran Kartu Nama Dalam Mm Cm Pixel di Word Dan Photoshop

Butonrayanews.co.id – Mungkin masih banyak yang belum mengetahui ukuran kartu nama yang tepat dan sesuai dengan standar indonesia. Pasalnya, sebagian besar pembuat kartu yang digunakan untuk mengenalkan diri tersebut sesuai keinginannya masing-masing.

Artinya, kamu bisa menentukan sendiri berapa ukuran yang diinginkan, karena sebenarnya bebas dan tidak ada aturan. Namun jika ingin mendapatkan yang terbaik dan terlihat profesional, maka sudah sewajarnya jika mengikuti ukuran yang berlaku saat ini.

Selain ukuran, ada beberapa hal lagi yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah desain dan kertas yang digunakan. Fungsi kartu nama tidak lain adalah untuk memberitahukan informasi mengenai diri kamu dan apa yang ingin ditawarkan.

Misalnya kamu menjadi agen penjualan, kartu nama tidak hanya sebagai identitas, namun juga memberikan informasi kepada penerimanya. Begitu pentingnya kartu ini, tentu saja dalam pembuatannya tidak boleh sembarangan, harus sesuai standar yang berlaku.

Desain juga sangat menentukan apakah nantinya kartu nama kamu disimpan atau diabaikan. Dengan adanya kartu nama, kamu tidak perlu lagi menjelaskan hal yang tidak perlu, seperti nama dan alamat yang sudah tercantum di dalamnya.

Ukuran Kartu Nama Standar

Ukuran Kartu Nama Standar

Meski tidak wajib, sebaiknya kamu tetap menentukan ukuran kartu nama sesuai standar yang berlaku. Setiap negara memiliki ukuran yang berbeda, biasanya disesuaikan dengan kondisi dan kebiasaan pelaku bisnis atau usaha.

Ukuran Kartu Nama Dalam CM

Pada umumnya, ukuran ditentukan dengan satuan yang sering digunakan. Selain itu, ukuran bisa jadi berbeda dari software atau aplikasi pembuatnya. Misalnya untuk ukuran CM yang biasanya digunakan bagi yang membuatnya dengan program photoshop.

Baca Juga :   Ukuran Foto 5R, 6R, 8R, dan 10R Dalam Satuan Mm, Cm, Dan Inchi

Ukuran kartu nama dalam CM sesuai standar indonesia adalah 9 cm x 5,5 cm. Ukuran ini digunakan bagi pelaku usaha atau bisnis, tentu mudah sekali untuk membawanya kemana-mana karena cukup dimasukkan kedalam dompet.

Ukuran Dalam MM          

Ukuran MM biasanya digunakan di percetakan ketika kamu tidak menentukan ukuran yang diinginkan. maksudnya, jika kamu pesan kartu nama dan tidak memberikan detail ukurannya, maka akan diberikan ukuran standar MM.

Adapun ukuran yang dimaksud tidak jauh berbeda dengan CM, karena hanya dikonversi saja. Jika dalam CM berukuran 9 cm x 5,5 cm, maka bisa dikonversi menjadi 90 mm x 55 mm. Tidak harus pas, bisa juga sedikit lebih kecil atau lebih besar.

Ukuran Kartu Nama Standar Pixel

Standar ukuran piksel juga digunakan bagi yang membuat kartu nama dengan aplikasi photoshop. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa program ini sangat membantu dalam hal desain grafis karena fitur yang dimiliki sangat lengkap.

Membuat kartu nama dengan photoshop sangat mudah, namun kamu perlu skill yang cukup. Menentukan ukurannya yang cukup sulit karena konversi tidak umum. Dengan ukuran CM dan MM diatas, ukuran kartu nama dalam piksel adalah 340 x 207.

Dalam Satuan Inchi

Berikutnya dalam satuan inchi, biasanya digunakan standar untuk kartu nama yang dibuat dengan Corel Draw. Aplikasi PC ini bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan photoshop. Hanya saja penggunaannya khusus untuk desain grafis.

Sama halnya dengan ukuran sebelumnya, kali ini pun dikonversi dari ukuran standar yang telah disebutkan sebelumnya. Dalam satuan inchi, kartu nama yang umum digunakan adalah 3,54 x 2,165 atau bisa sedikit lebih kecil.

Jenis Bahan untuk Kartu Nama

Jenis Bahan untuk Kartu Nama

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahan untuk pembuatan kartu nama juga sangat penting, jadi bukan hanya menentukan ukurannya. Bagi kamu yang ingin membuat kartu yang awet dan terlihat profesional, sebaiknya tentukan salah satu bahan berikut!

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Menarik Agar Di Terima Kerja

Art Paper

Dalam menentukan kertas terbaik untuk kartu nama, perlu diperhatikan tingkat ketebalannya. Art Paper mempunyai ketebalan 260 gsm, cukup tebal dan kuat tentunya. Penyimpanan di dompet dan card holder juga lebih fleksibel dan tidak mudah terlipat.

Jenis kertas ini tidak hanya tebal, namun permukaannya lebih licin. Artinya, kamu yang sering memberikan catatan kecil kepada penerima tidak disarankan menggunakan kertas ini. Tetapi jika memprioritaskan kebersihan, maka Art Paper sangat disarankan.

Mohawk Option

Sedikit lebih tipis dari yang pertama, Mohawk Option memiliki ukuran 250 gsm. Ketebalan ini sudah lebih dari cukup untuk membuat ukuran kartu nama sesuai standar. Permukaannya juga halus, namun untuk kali ini lebih mudah menyerap tinta.

Dengan tinta yang mudah meresap, hasil cetakan dijamin lebih tajam dan menarik perhatian. Tentu saja kamu harus membuat desain yang sangat menarik supaya lebih bagus. Namun demikian, harganya lumayan mahal dibandingkan lainnya.

Linen Hollad

Jenis kertas untuk kartu nama berikutnya adalah Linen Hollad, ketebalannya sama dengan yang diatas. Kertas ini termasuk impor, namun harganya masih cukup terjangkau. Menggunakan kertas ini untuk kartu nama sangat cocok karena lumayan tebal dan kuat.

Permukaannya tidak terlalu licin, namun guratan vertikal dan horizontal tidak terlalu kelihatan. Artinya, kamu akan menghasilkan desain yang mirip dengan dibuat pada aplikasi, tidak terganggu atau berubah karena kondisi kertas.

Linen Jepang

Membuat ukuran kartu nama yang tepat diiringi dengan kertas Linen Jepang juga disarankan. Bagi yang ingin mendapatkan desain lebih seni, kertas ini lebih cocok dijadikan pilihan utama. Pasalnya, guratan vertikal dan horizontal cukup terlihat dan tidak samar.

Hasil desain tidak nanggung tentunya dengan jenis kertas ini. Untuk ketebalannya 250 gsm, sama dengan kedua yang disebutkan sebelumnya. Biasanya, jenis kertas ini lebih banyak digunakan perusahaan atau pengusaha profesional.

Baca Juga :   Ukuran Kertas A5 Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel & Penggunaanya

Tips Membuat Kartu Nama

Menjalankan usaha percetakan kartu nama sangat menguntungkan saat ini. Kegunaan kartu nama sendiri sangat penting bagi sebagian orang. Usaha kamu akan semakin laris apabila mengetahui tips membuat kartu nama berikut!

Baik pelaku usaha mandiri atau perusahaan, logo sangat penting sebagai brand awareness. Ketika  membuat kartu nama, jangan lupa sertakan logo yang telah dibuat sebelumnya. tidak perlu terlalu besar, yang penting menarik dan memancing perhatian.

Gunakan Ukuran yang Sesuai

Selanjutnya gunakan ukuran kartu nama yang disebutkan diatas. Selain menunjukkan bahwa kamu profesional, ukuran yang tepat juga memudahkan kamu mencari card holder. Bayangkan saja jika terlalu besar dan tidak sesuai standar, tentu susah mencari wadahnya.

Cantumkan Nama Lengkap

Namanya kartu nama, pastinya ada nama yang tertera di dalamnya. Namun pastikan bahwa kamu menggunakan nama lengkap, bukan nama panggilan. Nama lengkap lebih terlihat profesional dan meyakinkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Jangan Lupa Nomor Kontak

Jika logo nama sudah beres, jangan lupa menuliskan nomor kontak di dalamnya. Apakah penting? Tentu saja, dimana lagi calon pelanggan akan menghubungi kamu jika mereka tertarik! Jika perlu, tambahkan akun media sosial atau Whatsapp.

Kesimpulan

Itulah berbagai jenis ukuran kartu nama sesuai dengan satuan yang bisa kamu buat. Tidak masalah jika kurang dari ukuran standar, asalkan tidak terlalu jauh. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan kertas yang sesuai, juga desain yang menarik dan profesional.