Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Satuan Mm, CM, Inchi, Dan Pixel

Butonrayanews.co.id – Mengetahui ukuran kertas A4 bisa dikatakan penting dan tidak penting. Dianggap tidak penting karena saat ini hampir semua program atau aplikasi menggunakan standar ukuran tersebut. Misalnya seperti MS Word yang secara default berukuran A4.

Namun bisa jadi penting karena tidak semua program pengolah kata menggunakannya. Karena hal ini, dengan terpaksa kamu harus mengaturnya secara manual. Untuk itulah perlu mengetahui berapa ukuran yang ditentukan dan disepakati bersama.

Kertas A4 termasuk salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan Folio atau F4 masih lebih unggul dari ukuran ini. Kegunaannya bermacam-macam, yang paling banyak adalah untuk keperluan mencetak dokumen.

Jenis kertas ini juga banyak digunakan di berbagai negara di dunia. Bahkan sudah masuk dalam sertifikasi ISO 216. Artinya, ukuran kertas A4 berlaku secara internasional dan begitu populer dibandingkan dengan ukuran lainnya.

Seperti yang diketahui, A4 bukanlah satu-satunya ukuran kertas yang digunakan untuk kepentingan percetakan. Masih ada jenis lain yang umum digunakan, misalnya Folio yang sudah disebutkan diatas.

Selain itu, masih ada ukuran lain yang juga penting kamu ketahui. Untuk kertas seri A saja cukup banyak, contohnya A1, A2, A3, A5, dan hingga A10. Semakin kecil angka serinya, semakin besar ukuran kertas yang dimiliki.

Standar Ukuran Kertas A4

Meski sangat familiar dan seringkali digunakan untuk keperluan mencetak dokumen, namun tidak semuanya mengetahui berapa pastinya ukuran kertas A4. Mungkin kamu juga demikian, tidak mengetahui berapa ukuran yang dimaksud.

Baca Juga :   Ukuran Kertas A5 Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel & Penggunaanya

Ukurannya sendiri tergantung dari satuan yang digunakan. Pasalnya, ada banyak satuan yang diakui di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun yang paling umum dan sering digunakan adalah satuan centimeter, milimeter, dan inchi.

Bagi yang langsung menggunakan aplikasi atau program, satuan pixel juga penting diketahui. Pixel adalah satuan representasi pada sebuah gambar yang dihitung per inchi pada titik terkecil. Artinya, semua bidang atau objek pasti memiliki satuan ini.

Ukuran Kertas A4 dalam CM

Semua orang pasti mengetahui satuan CM atau centimeter. Satuan ini umum digunakan untuk berbagai keperluan percetakan. Bahkan untuk keperluan lainnya juga demikian, misalnya pengukuran baju atau mengukur objek yang lebih kecil.

Ukuran kertas A4 dalam CM yang berlaku sesuai standar internasional adalah 21,0 x 29,7 cm. Dimensi ini bebas, kamu bisa menggunakan 21 cm untuk panjang atau tinggi. Sedangkan 29,7 cm untuk lebarnya, tergantung dari dokumen yang dicetak.

Ukuran Kertas A4 dalam Satuan MM

Menentukan konversi angka dari CM (centimeter) ke MM (milimeter) sangat mudah. Di pelajaran sekolah pasti didapatkan, bahkan saat menginjak sekolah dasar. Sampai saat ini masih tetap dan tidak berubah, 1 cm sama nilainya dengan 10 mm.

Jadi jika kamu mendapatkan angka lain, tinggal dikalikan 10 untuk konversi CM ke MM. Melihat ukuran CM yang disebutkan diatas, artinya untuk satuan MM mendapatkan panjang dan lebar masing-masing 210 mm x 297 mm.

Dalam Satuan Inchi

Selanjutnya adalah inchi yang juga merupakan standar satuan ukuran kertas A4. Di Indonesia mungkin jarang menggunakan satuan ini karena cukup sulit dikonversi. Namun karena banyak aplikasi pengolah kata yang menggunakan satuan ini, penting juga untuk diketahui.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Menarik Agar Di Terima Kerja

Sebelumnya perlu diketahui nilai 1 inchi sama dengan 2,54 cm. Atau jika dikonversi kebalikannya, maka 1 cm setara dengan 0.393701 inchi. Ini artinya, ukuran standar yang didapatkan untuk kertas A4 adalah 8,27 x 11,69 inchi.

Dalam Satuan Pixel

Sama halnya dengan inchi, satuan pixel juga jarang digunakan di Indonesia. Tetapi satuan ini banyak digunakan di dunia internasional untuk keperluan objek atau gambar. Jika kamu menggunakan aplikasi atau software, pixel seringkali menjadi satuan default.

Ada banyak jenis ukuran pixel, tergantung dari DPI atau PPI yang digunakan, namun yang paling umum adalah 300 DPI. Ukuran kertas A4 dalam satuan pixel untuk resolusi 300 DPI adalah 2480 x 3508 px. Resolusi ini sudah sangat bagus dan menghasilkan gambar tajam.

Tabel Ukuran Kertas A4 dalam CM, MM, dan Inchi

Masih banyak satuan lain yang ada dan menjadi standar di negara tertentu. Satuan yang disebutkan diatas sudah lebih dari cukup karena sesuai standar internasional. Penting untuk mengingat semua satuan tersebut, silahkan kamu cek tabel berikut supaya lebih mudah.

Ukuran Kertassatuan mmsatuan cmsatuan inci
A4210 x 29721,0 x 29,78,27 x 11,69

Tabel Ukuran Kertas A4 dalam Pixel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pixel adalah satuan yang menitikberatkan pada bagian gambar. Pixel sangat berkaitan dengan resolusi gambar. Semakin besar resolusinya, semakin besar ukuran pixel yang didapatkan. Berikut adalah tabel selengkapnya!

Ukuran KertasLebarTinggi
A4 – 72 PPI595 Pixels842 Pixels
A4 – 200 PPI1654 Pixels2339 Pixels
A4 – 300 PPI2480 Pixels3508 Pixels
A4 – 400 PPI3307 Pixels4677 Pixels
A4 – 600 PPI4961 Pixels7016 Pixels
A4 – 1200 PPI9921 Pixels14031 Pixels

Cara Mengatur Ukuran Kertas A4 di Word

Setelah mengetahui ukuran kertas A4 dari berbagai satuan, penting juga mengetahui bagaimana cara mengaturnya di Word. Microsoft Word adalah program pengolah kata yang sangat populer. Salah satu alasannya adalah fitur lengkap dan penggunaan yang mudah.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inci, Dan Pixel

Fitur yang berhubungan dengan pembahasan kita kali ini adalah tersedianya banyak ukuran kertas yang bisa kamu gunakan. Maksudnya, kamu hanya perlu mengatur dan menyesuaikan kertas yang akan digunakan untuk mencetak dokumen.

  • Buka program Microsoft Word.
  • Pilih menu Layout pada halaman utama.
  • Klik sub menu Size.
  • Ada banyak jenis kertas yang ditampilkan beserta ukurannya.
  • Silahkan pilih A4.
  • Perubahan pun otomatis, kamu hanya perlu melakukan pekerjaan selanjutnya sesuai tujuan.

Cara Mengubah Ukuran A4 di Photoshop

Berbeda dengan Word yang merupakan program pengolah kata, Photoshop adalah aplikasi atau software untuk mengedit foto. Karena sama-sama tujuannya mencetak dokumen, kamu juga perlu menyesuaikan ukuran kertas sebelumnya.

Khusus untuk kali ini, ada baiknya kamu menggunakan satuan pixel. Ini dikarenakan dokumen yang akan kamu cetak pasti berupa foto atau gambar. Caranya sangat mudah, silahkan kamu ikuti langkah sederhana berikut!

  • Buka aplikasi Photoshop.
  • Pilih menu File, kemudian lanjutkan dengan memilih Open.
  • Cari foto yang ingin diubah ukurannya, kemudian OK.
  • Setelah fotonya berhasil masuk, pilih menu Image.
  • Lanjutkan dengan memilih Canvas Size.
  • Pastikan satuannya menggunakan pixel.
  • Masukkan angka 2480 pada Width dan 3508 pada bagian Height.
  • Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Kesimpulan

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai ukuran kertas A4 dalam satuan CM, MM, Inchi, dan Pixel. Semua satuan yang disebutkan diatas memiliki nilai yang sama, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jenis kertas ini umum ditemui dan digunakan sehingga mudah dipahami.