Ukuran Kertas A5 Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel & Penggunaanya

Butonrayanews.co.id – Dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan kertas tidak dapat terpisahkan. Banyak sekali jenis kertas yang dikategorikan dari ukurannya. Kali ini kita akan membahas ukuran kertas A5 yang umum digunakan untuk segala keperluan menulis atau membaca.

Masing-masing kertas memiliki ukuran sesuai standar yang telah ditentukan. Adapun standar yang dimaksud adalah ISO 216, merupakan standar internasional. Artinya, semua negara menggunakan ukuran yang dimaksud sesuai dengan satuan yang dikonversi.

Ukuran kertas sendiri mengacu pada lebar dan panjangnya. Meski ada banyak ketebalan yang ditemui sesuai dengan merek, namun hal itu bukan termasuk kategori standarisasi. Ketebalan hanya berkaitan dengan harga jual, biasanya lebih mahal jika lebih tebal.

Kertas A5 merupakan salah satu jenis kertas dari seri A, artinya masih banyak lainnya. Sebelumnya kita sudah membahas ukuran kertas A4 dengan macam-macam satuan. Jenis kertas tersebut pada umumnya digunakan untuk keperluan mencetak dokumen.

Perlu diketahui, semakin tinggi nilai atau angka dibelakang seri A, maka ukurannya semakin kecil. Jadi bisa dikatakan bahwa ukuran kertas A5 lebih kecil daripada ukuran A4. Sebaliknya juga demikian, kertas A4 lebih keci ukurannya dibandingkan A3 dan seterusnya.

Standarisasi kertas menurut ISO dibagi menjadi banyak seri, diantaranya Seri A, Seri B, Seri C, dan Seri D. Masing-masing seri dibagi menjadi beberapa bagian lagi sesuai angka yang mengikuti. Selain itu, ada banyak satuan yang digunakan, penting untuk mengetahui semuanya.

Standar Ukuran Kertas A5

Standar Ukuran Kertas A5

Jika membahas mengenai ukuran kertas A5, tentu berkaitan erat dengan satuan. Sempat tadi disinggung mengenai satuan di bab sebelumnya, namun belum disebutkan satuan apa saja yang dimaksud. Satuan standar di Indonesia yang sering digunakan adalah CM dan MM.

Baca Juga :   17 Wallpaper HD Keren Aesthetic Anime 3D Untuk HP Android

Satuan ini memiliki nilai konversi yang sangat mudah, karena nilainya merupakan bilangan bulat. Selain kedua satuan tersebut, Inchi juga termasuk standar internasional yang sering digunakan di berbagai negara. Hanya saja di Indonesia jarang menggunakan satuan ini.

Jika kamu menggunakan software atau aplikasi untuk menentukan ukuran kertas, maka satuan yang dibutuhkan tidak lain adalah pixel. Satuan ini digunakan untuk mengukur objek berupa gambar digital, seperti foto atau gambar.

Ukuran Kertas A5 dalam CM

Ukuran kertas A5 dalam CM atau centimeter merupakan yang umum ditemui. Pasalnya, satuan ini banyak digunakan untuk hampir semua keperluan pengukuran. Bukan hanya kertas, mengukur tinggi badan pun menggunakan satuan ini.

Menurut standar internasional, kertas A5 memiliki ukuran panjang dan lebar masing-masing 14,8 cm x 21,0 cm. Dimensi ukuran ini sebenarnya bebas, artinya tidak ada patokan untuk panjang dan lebarnya, biasanya tergantung dari posisi kertasnya.

Ukuran Kertas A5 dalam Satuan MM

Untuk mendapatkan ukuran MM atau milimeter, sebenarnya kamu hanya perlu mengonversi nya. Konversi dari CM ke MM pastinya sangat mudah, hampir semua orang bisa melakukannya karena merupakan pelajaran dasar.

Karena 1 cm sama dengan 10 mm, jadi untuk ukuran kertas A5 diatas didapati 148 cm x 210 mm. Ukuran tersebut bisa diartikan bahwa kertas A5 memiliki lebar 148 cm, sedangkan tinggi atau panjangnya adalah 210 cm.

Dalam Satuan Inchi

Satuan kertas standar internasional juga menggunakan inchi. Satuan ini kurang populer di Indonesia, namun tidak demikian di Amerika dan negara Eropa lainnya. Tidak ada salahnya mengetahuinya juga, terlebih banyak program yang menggunakan satuan ini.

Sebenarnya untuk mendapatkan ukuran ini bisa langsung mengonversi dari satuan CM dan MM yang didapatkan diatas. Hanya saja karena nilainya angka desimal, lumayan sulit juga untuk menghitungnya. Perhitungan yang didapatkan untuk satuan inchi adalah 5,83 x 8,27.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inci, Dan Pixel

Dalam Satuan Pixel

Selain semua satuan yang disebutkan diatas, pixel juga menjadi standar satuan ukuran kertas A5. Satuan ini biasa digunakan untuk keperluan mengukur gambar atau foto. dalam bentuk digital, foto yang didapatkan bukanlah dalam bentuk CM, melainkan pixel.

Untuk mengonversi nya tidak kalah sulit dengan satuan inchi. Apalagi banyak jenis resolusi yang menentukan besarnya satuan pixel. Jika menilik standar resolusi, yaitu 300 DPI, ukuran yang didapatkan adalah 1751 x 2479 pixel.

Tabel Ukuran Kertas A5 dalam CM, MM, Inchi

Dari penjelasan berbagai ukuran yang disebutkan diatas, maka standar ukuran yang banyak digunakan adalah centimeter (CM), milimeter (MM), dan inchi. Sebagai ringkasan, berikut kami sajikan tabel supaya kamu lebih mudah dalam memahaminya.

Ukuran Kertassatuan mmsatuan cmsatuan inci
A5148 x 21014,8 x 21,05,83 x 8,27

Tabel Ukuran Kertas A5 dalam Pixel

Tidak adil jika tidak menyediakan tabel ukuran kertas A5 dalam pixel. Perlu diketahui, resolusi sebuah gambar memiliki banyak jenis sesuai dengan DPI nya. Tidak perlu menghafal, kamu hanya perlu mencatat melalui tabel berikut!

ReolusiUkuran Pixel
A5-72 PPI 420 x 595
A5-200 PPI1167 x 1653
A5-300 PPI1751 x 2479
A5-400 PPI2335 x 3305
A5-600 PPI4958×3502
A5-1200 PPI 7004 x 9961

Penggunaan Kertas Ukuran A5

Mengetahui berapa ukuran tepatnya sesuai dengan standar yang berlaku tentu belum cukup. Kamu harus mengetahui untuk apa saja ukuran ini digunakan. Tujuannya supaya jelas, jadi tidak harus berangan-angan yang justru membuat semakin bingung.

Notebook

Jika kamu pernah menggunakan notebook atau buku catatan, mungkin salah satunya menggunakan ukuran kertas A5. Ukurannya yang tidak terlalu besar sangat memudahkan untuk disimpan, beberapa bahkan muat di dalam saku.

Baca Juga :   Contoh Penutup Surat Lamaran Dinas/Pekerjaan Yang Persuasif

Apalagi setelah mengetahui ukuran dari berbagai satuan diatas, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika tidak ingin repot, banyak juga yang menjualnya dengan berbagai desain menarik dan harganya cukup murah.

Selebaran

Penggunaan selanjutnya yang banyak ditemui adalah untuk selebaran. Ukuran ini dipilih karena lebih dari cukup untuk memuat semua informasi yang ingin disampaikan. Bahkan untuk selebaran yang memiliki konten gambar dan teks juga bisa.

Alasan lain selain mudah dibawa karena praktis adalah memangkas biaya pengeluaran. Karena ukurannya yang ideal, biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil daripada menggunakan ukuran kertas A4 atau yang lebih besar. Selebaran yang dimaksud bisa berupa brosur atau poster iklan.

Kalender

Kertas A5 juga sering digunakan untuk kalender. Namun kali ini bukan kalender dinding yang dipajang di rumah atau tempat lainnya, melainkan kalender meja yang ukurannya kecil. Kalender ini biasanya dalam bentuk lipatan untuk menghemat jumlahnya.

Menggunakan kalender dengan ukuran ini yang diletakkan di meja sangat disarankan. Ini dikarenakan tidak membutuhkan banyak ruang, katakanlah hemat ruang. Apalagi tidak sulit menemukannya, karena banyak sekali yang menjual dengan desain menarik.

Kesimpulan

Tidak semua orang butuh untuk mengetahui ukuran kertas A5 dan berbagai jenis lainnya. Biasanya mereka yang bergerak di bidang percetakan yang ingin mengetahuinya. Namun tidak ada salahnya kamu mengetahuinya untuk menambah wawasan, mungkin juga suatu saat diperlukan.