Ukuran Standar X Banner di Indoor Dan Outdoor Sesuai Standar

Butonrayanews.co.id – Mengetahui ukuran standar X banner sangatlah penting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tentunya kamu tidak ingin semua jerih payah yang dilakukan ternyata sia-sia bukan? Maka dari itu, silahkan simak semua penjelasan yang akan kami berikan.

Sudah dipastikan bahwa semua orang pernah melihat iklan, baik berupa media digital brosur, spanduk, maupun banner. Khusus kali ini kita akan membahas tentang banner karena saat ini semakin banyak yang menggunakannya.

Selain itu, penggunaan banned lebih banyak dipilih karena cukup efektif. Bukan hanya karena lebih murah, namun juga mudah diletakkan di beberapa tempat karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Beberapa ukuran bahkan lebih mudah dipindah karena ringan.

Banner sendiri merupakan salah satu media promosi berbentuk gambar dan tulisan. Tujuannya untuk mengenalkan produk baru dengan hasil akhir mendapatkan banyak keuntungan. Semakin menarik keterangannya, semakin banyak pula mendapatkan perhatian.

Meski demikian, ukuran standar X banner tidak boleh diabaikan karena penting sekali dalam hal desain. Seperti yang diketahui, desain sangat penting untuk mengajak pembaca melakukan apa yang kita inginkan, dalam hal ini adalah pembelian.

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menggunakan banner yang berukuran besar, namun ternyata keterangan dan gambar di dalamnya sangat minim. Selain boros biaya pembuatan, hal ini juga tidak menarik dan seringkali diabaikan audience.

Jenis Banner untuk Promosi

Sebelum membahas ukuran standar X banner, ada baiknya kita ketahui dulu apa saja jenisnya. Ini sangat penting supaya kamu tidak melakukan kesalahan atau terjadi kesalahpahaman makna.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas Seri A Dan B Dalam Satuan Mm Cm Inchi

Mini Banner

Mini banner adalah jenis pertama dan mudah sekali ditemui di berbagai tempat. Sesuai namanya, ukuran untuk jenis ini sangat kecil, pada umumnya sedikit lebih besar dari buku tulis. Tujuan pembuatan banner ini sama dengan lainnya, yakni sebagai media promosi.

Hanya saja untuk penempatan nya di dalam ruangan, misalnya diatas meja kasir atau lobi. Perlu diketahui, mini banner berbeda dengan brosur yang biasanya diberikan untuk dibawa pulang. Mini banner diletakkan pada wadah khusus dan sekaligus sebagai penyangga.

X Banner

Jenis selanjutnya adalah yang menjadi pembahasan utama kita kali ini. Dari namanya jelas tergambar bahwa adanya huruf X merujuk pada penyangga yang ada di belakangnya. Ukuran standar X banner bervariasi, biasanya tergantung dari lokasi diletakkan.

Kelebihan dari promosi menggunakan X banner tidak lain adalah lebih mudah terlihat audience. Selain itu, bebannya tidak terlalu berat sehingga mudah dipindah. Berbeda dengan mini banner soal penempatan nya, kali ini diletakkan diluar ruangan.

Roll Banner

Roll banner adalah jenis terakhir yang juga banyak ditemui selain kedua diatas. Banner ini ukurannya lebih besar dan praktis karena berbentuk gulungan. Apabila ingin memasangnya, kamu hanya perlu menarik bagian bawahnya saja.

Meski ukurannya besar, namun penempatan pada umumnya di dalam ruangan. Tujuannya supaya enak dipandang dan terkesan elegan. Roll banner jauh lebih tahan lama karena cukup kuat, namun harganya pun lumayan mahal.

Ukuran Standar X Banner

Meski X banner seringkali digunakan untuk luar ruangan, namun tidak menutup kemungkinan digunakan di dalam ruangan. Untuk ukurannya pun bervariasi, ada ukuran mini, sedang, dan besar dengan masing-masing standar berikut!

Ukuran Standar X Banner Mini

Jika membahas masalah banner memang tidak bisa hanya satu kategori saja. Pasalnya, banyak sekali jenis banner yang ditemukan saat ini. Satu jenis nantinya terbagi lagi menjadi beberapa bagian, biasanya tergantung dari penggunaan.

Baca Juga :   Ukuran Kertas A5 Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel & Penggunaanya

Untuk Ukuran standar X banner mini biasanya 25 x 40 cm, yang paling kecil berukuran 26 x 38 cm. Namanya juga mini, pastinya tidak terlalu besar dan bahkan bisa dikatakan kecil. Jika kamu membuat jenis banner ini, ada baiknya dilapisi mika supaya lebih awet.

Ukuran X Banner Outdoor

Media promosi outdoor seringkali ditemukan di bagian samping toko atau pintu masuk. Bukan tanpa alasan, karena semua pengunjung atau yang lewat pasti akan melihatnya. Supaya tidak terlalu mencolok, sebaiknya kamu menggunakan ukuran standar.

Tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar, X banner outdoor biasanya berkuran 1 x 2 meter. Apabila tempatnya memungkinkan, tidak masalah apabila kamu menggunakan ukuran 2 x 3 meter atau bahkan lebih besar. Intinya adalah menyesuaikan lokasi dan keberadaan tempat.

Ukuran Banner Indoor

Lain outdoor lain juga untuk indoor. Karena diletakkan di dalam ruangan, pastinya tidak bisa menggunakan ukuran yang terlalu besar. Penggunaan jenis banner ini diletakkan dilantai dengan penyangga berbentuk X, jadi tidak banyak tempat yang bisa menampungnya.

Ukuran standar X banner indoor pada umumnya 60 x 160 cm. Posisi dari banner ini portrait atau memanjang ke atas. Ada juga yang menggunakan ukuran lebih besar, yaitu 120 x 160 cm. Tetapi untuk ukuran ini sangat tidak umum dan jarang yang menggunakan.

Tips Membuat Desain X Banner

Setelah mengetahui berbagai jenis dan juga ukurannya, saatnya kamu mengetahui tips bagaimana menghasilkan X banner yang menarik. Fungsi dari banner adalah sebagai media promosi, jadi harus dibuat sangat menarik untuk meningkatkan penjualan.

Berikan Gambar

Satu hal yang paling penting dalam pembuatan banner adalah gambar. Pastikan kamu menggunakan gambar yang bagus, dalam artian berkualitas. Gambar tidak boleh pecah, harus tajam dan jelas dengan resolusi tinggi.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Satuan Mm, CM, Inchi, Dan Pixel

Selain itu, pastikan juga gambar yang digunakan sesuai dengan topik promosi. Apabila kamu ingin promosi mobil, maka gambarnya harus mobil. Tidak harus mobil dalam bentuk real, animasi pun tidak masalah jika menarik.

Percuma jika mendapatkan ukuran standar X banner yang tepat, namun tidak menyertakan logo di dalamnya. Logo sangatlah penting untuk keperluan promosi. Fungsinya sebagai brand awareness supaya audience lebih mudah mengingat apa yang kamu jual.

Membuat logo bisa jadi sulit, tergantung dari skill masing-masing menggunakan aplikasinya. Berbeda dengan banner secara umum yang bisa diubah atau diganti kapan saja, logo harus ada satu dan digunakan untuk selamanya.

Sesuaikan Warna

Untuk menarik perhatian mata yang melintas, kamu harus bisa menyesuaikan warna dari X banner yang dibuat. Warna tidak kalah pentingnya dengan logo, perhatian mata pada umumya karena adanya kombinasi warna yang tepat.

Informasi Teks

Membuat banner tidak sama dengan majalah atau koran. Target kamu bukan hanya audience yang saat itu sedang menetap, namun juga yang sedang lewat. Gunakan informasi singkat, namun isinya mengena tentang maksud dan tujuan kamu.

Jangan Lupa Info Kontak

Pastinya kamu tidak ingin kehilangan kesempatan sekecil apapun bukan? Maka dari itu, jangan lupa sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi. Percuma jika kamu bisa menarik perhatian, namun ternyata calon pelanggan yang tertarik tidak bisa menghubungi.

Kesimpulan

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai ukuran standar X banner dan juga jenisnya. Dengan tips yang kami berikan diatas, semoga kamu bisa membuat banner sebaik mungkin. Untuk desain sendiri biasanya tergantung skill, sebaiknya terus kamu asah jika saat ini masih pemula.